Home > Ragam Berita > Nasional > Agus Salam Kembali Diperiksa KPK Terkait Dugaan Korupsi Bupati Banyuasin

Agus Salam Kembali Diperiksa KPK Terkait Dugaan Korupsi Bupati Banyuasin

Jakarta – Korupsi memang telah menjadi bahaya laten di negeri ini. Pemberantasan pun terus dilakukan. Yang terbaru, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Kembali memeriksa Ketua DPRD Banyuasin Agus Salam. Dia kini berstatus sebagai saksi. Pemeriksaan tersebut terkait dengan kasus dugaan k‎orupsi Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdinan.

Agus Salam Kembali Diperiksa KPK Terkait Dugaan Korupsi Bupati Banyuasin

“Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka YAF (Yan Anton Ferdinan),” ujar Pelaksana Harian (Plh) Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati pada Jumat (28/10/2016).

Sebagaimana diketahui, Yan Anton ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK setelah ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT). Dalam kasus ini, Yan diduga menjanjikan sebuah proyek di Dinas Pendidikan Banyuasin kepada pengusaha bernama Zulfikar.

Dalam kasus tersebut, Yan Anton dibantu oleh sejumlah bawahannya. Pertama, Yan menghubungi Rustami yang merupakan Kasubag Rumah Tangga Pemda Banyuasin. Rustami lalu menghubungi Kepala Dinas Pendidikan Umar Usman.

Baca juga: Fadli Zon: Sistem Pemilu Indonesia Harus Mapan

Umar dibantu anak buahnya, Sutaryo, yang menghubungi seorang pengepul bernama Kirman. Barulah Kirman menghubungi Zulfikar untuk menawarkan proyek di Dinas Pendidikan dengan syarat harus menyetor Rp1 miliar lebih dulu.

Dalam OTT tersebut, KPK mengamankan uang sebesar Rp229,8 juta dan USD11.200 dari Yan Anton. Dari Sutaryo, KPK menyita Rp50 juta yang diduga merupakan bonus dari Yan Anton. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Elektabilitas Jokowi Disebut Anjlok Hingga Dibawah 50 Persen

Elektabilitas Jokowi Disebut Anjlok Hingga Dibawah 50 Persen

Jakarta – Muchtar Effendi selaku pengamat politik dari Network for South East Asian Studies (NSEAS) ...