Home > Gaya Hidup > Tips > 6 Kebiasaan Tidur yang Dapat Merusak Kulit

6 Kebiasaan Tidur yang Dapat Merusak Kulit

Jakarta – Menjaga kesehatan kulit tidak semudah yang dibayangkan. Salah menggunakan produk atau merawatnya, justru bisa membuat kulit bermasalah seperti munculnya jerawat, kusam ataupun kulit bersisik.

6 Kebiasaan Tidur yang Dapat Merusak Kulit

Bagi kaum hawa, salah satu kegiatan yang paling malas dilakukan saat menjelang tidur adalah membersihkan wajah dari riasan atau make up. Mungkin sebagian besar dari Anda tahu bahwa tidur dengan make up yang masih menempel dapat memicu jerawat dan masalah kulit lainnya.

Demi mendapatkan kulit yang bersih dan bercahaya, ini adalah beberapa kebiasaan sebelum tidur yang sebaiknya Anda hindari seperti dilansir dari metrotvnews.com, Jumat (28/10/2016):

1. Tidak mencuci wajah
Anda mungkin tidak tahu betul mengapa mencuci wajah sebelum tidur sangat penting dilakukan. Saat menjalankan aktivitas sehari-hari, wajah Anda mengambil lebih banyak polutan dan kotoran. Saat sedang tidur, kulit anda melakukan regenerasi yang berarti mengangkat sel kulit mati dan membangun sel kulit baru.

Jangan tunda mencuci wajah setelah bepergian hingga hampir tepat sebelum tidur. Jika Anda tidak langsung mencuci muka segera, maka Anda menghabiskan waktu hingga 4-8 jam untuk make up menyumbat pori-pori.

Bila Anda membiarkan kotoran atau make up yang menumpuk serta polutan lainnya, itu membuat kulit Anda kesulitan menyingkirkan sel kulit mati. Seiring waktu, ini akan menyumbat pori-pori Anda yang dapat menyebabkan jerawat.

2. Mandi dengan air panas atau terlalu dingin
Suhu air yang baik untuk mandi adalah hangat atau suam-suam kuku. suhu ini baik untuk kesehatan kulit Anda. Mandi dengan air terlalu dingin atau terlalu panas dapat membuat radang dan iritasi pada kulit.

3. Tidak menggunakan pelembap atau retinol
Saat usia Anda telah mencapai 20 tahun, sebaiknya mulai menggunakan produk yang mengandung pelembap dan retinol yang tinggi. Retinol dapat meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi kerusakan kolagen. Sedangkan pelembap dapat menenangkan setiap iritasi pada kulit dan membuat kulit lebih kenyal.

4. Menggunakan sarung bantal katun
Sarung bantal yang terbuat dari kain sutra dan satin merupakan bahan terbaik untuk kulit Anda. Serat kasar pada kain katun dapat membuat kulit kasar hingga iritasi.

Selain itu, hindari menggunakan deterjen dengan pewangi. Bahan kimia dalam pewangi dapat mengiritasi kulit saat tidur dan terkadang menyebabkan ruam di kulit. Sebaiknya cuci sarung bantal dengan deterjen tanpa pewangi dan pelembut kain setidaknya seminggu sekali.

5. Main gadget sebelum tidur
Menghabiskan terlalu banyak waktu dengan komputer, smartphone atau tablet sebelum tidur dapat mengganggu tidur Anda dan meningkatkan risiko kanker juga depresi. Ini juga dapat mempengaruhi kulit Anda.

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan kulit dan membuatnya bersinar. Kurang tidur membuat Anda kelelahan dan membuat Anda membutuhkan make up lebih lama untuk menjaga wajah tetap terlihat cerah. Ini dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Terlalu sering menatap layar gadget Anda sebelum tidur dapat mendorong perkembangan garis di sekitar mata Anda karena Anda secara tak sadar menyipitkan mata saat menatap gadget. Seiring waktu, kondisi ini dapat menyebabkan keriput.

Baca juga: Tips Jitu Menghilangkan Stretch Mark

6. Hanya melembapkan wajah
Saat memikirkan kesehatan kulit, pasti Anda hanya berpikir tentang kecantikan wajah dan melupakan bagian tubuh lain. Anda disarankan untuk lebih sering melembapkan seluruh tubuh di malam hari. Jika malas mengoleskan ke seluruh tubuh, setidaknya beri pelembap di bagian tumit, siku, lutut dan bagian tubuh lain yang kering. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

5 Kebiasaan yang Bisa Membuat Wajah Terlihat Tua

Jakarta – Apabila ingin selalu terlihat cantik dan muda, pastikan untuk menjaga kebiasaan sehari-hari. Berikut ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis