Home > Otomotif > Mobil > Insinyur Jepang Bakal Hadirkan Mobil Terbang di Olimpiade 2020

Insinyur Jepang Bakal Hadirkan Mobil Terbang di Olimpiade 2020

Tokyo – Para insinyur di Jepang saat ini tengah erlomba dengan waktu. Mereka berusaha keras agar obor Olimpiade 2020, yang akan dihelat di Tokyo, bisa dinyalakan menggunakan orang yang naik mobil terbang.

Insinyur Jepang Bakal Hadirkan Mobil Terbang di Olimpiade 2020

Sesuai rencana, sebagaimana dilaporkan news.com.au, mobil terbang ini mengelilingi stadion nasional baru, sebelum akhirnya secara dramatis terbang ke udara untuk menyalakan api di kaldron (kuali besar tempat Api Olimpiade menyala).

Proyek tersebut ada di tangan para insinyur muda yang tergabung dalam kelompok bernama Cart!vator. Untuk mewujudkan mimpinya ini mereka meminjam fasilitas milik Toyota.

Sekumpulan insinyur muda ini sendiri dipimpin oleh ilmuwan muda bernama Tsubasa Nakamura, ahli otomotif yang mendirikan proyek SkyDrive pada 2012 lalu.

Mobil terbang tersebut pun diharapkan memiliki panjang sekira 3,5 meter dan lebar sekira 1,3 meter. Mobil dirancang untuk hanya bisa dinaiki satu orang, dan dilengkapi roda tiga, sebagaimana pesawat terbang pada umumnya.

Baling-baling berada di di sudut depan dan belakang, untuk memberikan sistem vertical take off and landing (VTOL). Di udara, pergerakan mobil ini tetap dikontrol lewat roda kemudi serta pedal gas untuk menentukan kecepatan.

Walaupun dimaksudkan untuk membuat kagum mata dunia, namun ke depannya proyek ini juga dimaksudkan untuk hal lain. Di antaranya adalah mengurangi ketergantungan terhadap jalan raya yang makin sesak.

Cart!vator berencana memproduksi prototipe dalam skala penuh sambil bermitra dengan pabrikan besar untuk pendanaan. Uang yang mereka butuhkan sekira Rp 3,74 miliar. Pada akhirnya, mereka berharap mobil ini bisa diproduksi massal.

Baca juga: Per Tahun, Ford Habiskan 90 Ribu Kg Tanah Liat untuk Bangun Prototype Mobil

“Jika inovasi teknologi dicapai dalam kinerja baterai dan bidang lainnya, kendaraan ini mungkin akan dikomersilkan di masa depan” ujar Masafumi Miwa, salah satu anggota tim, seperti dilansir dari kantor berita Asahi Shimbun, Sabtu (29/10/2016). (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Mitsubishi Rilis Beberapa Varian Mobil Baru

Mitsubishi Rilis Beberapa Varian Mobil Baru

Jakarta – Setelah merilis hanya tiga varian automatic dan satu varian GLX 4×4 manual pada ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis