Home > Teknologi > Gadget > Inilah Cara Mengetahui Umur Kamera

Inilah Cara Mengetahui Umur Kamera

Jakarta – Shutter count atau disebut jejak rana baru-baru ini merupakan hal yang selalu menjadi patokan dalam memilih sebuah perangkat kamera, khususnya digital single lens refect (DSLR).

Inilah Cara Mengetahui Umur Kamera

Padahal, aspek tersebut bukanlah yang menjadi penentu utama umur kamera. Jejak rana menjadi patokan pada saat kamera bersistem analog di mana bagian yang membuka cermin di dalam kamera adalah bagian yang paling rentan rusak.

Dengan adanya temuan itu, muncul lah istilah umur kamera yang dihitung berdasarkan berapa jumlah jejak rana maksimal pada kamera. Di era serbadigital saat ini patokan tersebut seharusnya telah tiada, sebab, semua komponen kamera digital memiliki masing-masing bagian terlemah.

Namun, bagi Anda yang masih penasaran dengan kinerja kamera yang Anda miliki saat ini, berikut cara untuk mengetahui seberapa foto yang telah sebagaimana diberitakan How to Geek pada Sabtu (29/10/2016).

Pertama, Anda bisa mengunjungi situs CameraShutterCount.com. Di halaman tersebut Anda akan bisa mengukur seberapa banyak jejak rana yang dihasilkan dari beragam merek kamera. Hanya dengan mengunggah contoh foto terbaru, sistem dalam situs akan mengenali data EXIF dari foto yang diunggah.

Baca juga: Inilah Hasil Komparasi ZTE Axon 7 Max dengan Huawei Enjoy 6

EXIF adalah bagian informasi yang memuat detail suatu foto yakni merek dan jenis kamera yang digunakan, pengaturan yang diterapkan saat mengambil foto, dan tanggal pembuatan. Dari sinilah jejak rana kamera akan diketahui.

Selain itu, CameraShutterCount.com dapat mengenali seberapa lama siklus hidup dari kamera. Anda dapat melihat hasil penghitungan jejak rana di bagian bawah halaman tersebut.

Selain menggunakan situs di atas, Anda juga bisa mengetahui jejak rana melalui sebuah program bernama InfranView dan juga ExifTool. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

ASUS Zenfone 3 Laser Resmi Meluncur di Indonesia, Berikut Spesifikasinya

ASUS Zenfone 3 Laser Resmi Meluncur di Indonesia, Berikut Spesifikasinya

Jakarta – ASUS akhirnya resmi mengumumkan kehadiran Zenfone 3 Laser untuk pasaran Indonesia. Genereasi penerus ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis