Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 4 Penyebab Tubuh Kekurangan Vitamin B12

4 Penyebab Tubuh Kekurangan Vitamin B12

Jakarta – Sama dengan vitamin lainnya, B12 juga amat penting bagi tubuh. Defisiensi atau kekurangan vitamin ini menyebabkan kelelahan ekstrem, sesak napas, dan lemah otot. Sering kesemutan juga menjadi indikasi tubuh kekurangan vitamin ini.

4 Penyebab Tubuh Kekurangan Vitamin B12

Seperti dilansir dari odalewellness, vitamin B12 sangatlah penting untuk kesehatan saraf, membentuk DNA dan RNA, serta menjaga suasana hati dan pencernaan agar berfungsi dengan baik.

Berikut faktor-faktor yang bisa membuat Anda kekurangan vitamin B12:

1. Anda vegetarian

Satu-satunya cara untuk mendapatkan asupan vitamin B12 adalah dengan mengonsumsi daging. Jika Anda vegetarian dan menghindari produk hewani, bisa dipastikan Anda kekurangan B12. Inilah salah satu penyebab kebanyakan vegetarian memiliki kulit yang pucat dan lemah. Anda bisa mengonsumsi vitamin B12 yang banyak dijual di toko obat.

2. Anda berusia lebih dari 50 tahun

Usia menghambat kemampuan Anda untuk menyerap vitamin B12 dari diet atau makanan. Tak hanya mengalami kekurangan B12 seiring bertambahnya usia, tapi juga Anda bisa mengalami gejala kekurangan B12 seperti perubahan memori atau kurangnya stamina. Jika Anda berusia lebih dari 50 tahun, minum suplemen B12 untuk menambah kekuatan dan tetap sehat.

3. Minum obat maag

Masalah perut dan obat yang digunakan untuk mengobati penyakit asam lambung atau maag dapat mencegah tubuh Anda menyerap lebih banyak vitamin b12.

Baca juga: Ibu yang Baik Lakukan 5 Hal Ini untuk Melindungi Kesehatan Keluarga

4. Anda menderita diabetes dan penyakit autoimun

Masalah gula darah dan kelainan lain seperti lupus, bisa berarti tubuh Anda kurang menyerap vitamin B12 dengan baik. Bahkan, jika Anda sudah mengonsumsi daging, Anda mungkin masih perlu untuk mengambil suplemen B12. Kekurangan vitamin B12 dapat membuat Anda menderita.

Kadar B12 yang rendah dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan juga telah dikaitkan dengan depresi,

gangguan kecemasan, Alzheimer, autisme dan penyakit mental. Intinya, kekurangan B12 dapat merusak kesehatan sekaligus sangat mudah dihindari. B12 merupakan vitamin yang larut dalam air sehingga ginjal Anda dapat mengeluarkan sisanya yang ada dalam tubuh. Ini membuat vitamin B12 aman dikonsumsi tanpa efek samping. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Ciri-Ciri Seseorang Terinfeksi Cacing Pita

Inilah Ciri-Ciri Seseorang Terinfeksi Cacing Pita

Jakarta – Cacing pita memang sangat berbahaya bila berada di dalam tubuh manusia. Cacing tersebut ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis