Home > Gaya Hidup > Tips > Hidung Tersumbat? Lakukan Beberapa Langkah Ini untuk Mengatasinya

Hidung Tersumbat? Lakukan Beberapa Langkah Ini untuk Mengatasinya

Jakarta – Hidung tersumbat memang menjadi kondisi yang menyebbalkan. Hal tersebut bisa terjadi lantaran terkena beberapa penyakit. Di antaranya, alergi, pilek, sinusitis, atau flu.

Hidung Tersumbat? Lakukan Beberapa Langkah Ini untuk Mengatasinya

Ada berbagai cara praktis yang dapat menyembuhkan Anda dari hidung tersumbat, misalnya dengan menghirup uap dari air hangat. Berikut cara untuk mengatasi hidung tersumbat, dikutip dari Healthline, Senin (31/10/2016).

Uap air hangat
Anda bisa menggunakan humidifier atau uap air hangat untuk mengurangi rasa sakit pada sinus dan melegakan hidung yang tersumbat. Uap air dapat menjaga kelembapan hidung secara perlahan dan melegakan jaringan yang teriritasi pada hidung.

Tetap hidrasi
Jauhkan cairan yang mengalir saat hidung tersumbat. Cairan dapat membantu menjaga tubuh tetap hidrasi, termasuk mengencerkan lendir pada hidung dan mendorong ingus adar cepat keluar. Sedangkan bagi para penderita sinusitis, minum banyak cairan dapat mengurangi peradangan dan iritasi.

Saline spray
Larutan garam pada saline atau nasal spray dapat meningkatkan kelembapan lubang hidung dan mengencerkan ledir pada hidung. Obat kongestan ini dapat meredakan iritasi dan bermanfaat sebagai dekongestan.

Baca juga: Ingin Hubungan Ranjang Lebih Menarik? Jangan Lakukan Hal-Hal Berikut

Kompres air hangat
Selain dengan saline spray, mengompres hidung dan kening dengan air hangat juga dapat membuka saluran hidung yang tersumbat. Ulangi beberapa kali jika diperlukan, untuk memberi kelegaan pada hidung.

Mandi
Mungkin hidung yang tersumbat bisa diakibatkan oleh kotoran yang menumpuk di dalamnya. Oleh karena itu. Cara terbaik untuk membersihkan kotoran hidung dengan bersih adalah mandi dengan air hangat. Pasalnya, uap dari air hangat bisa melunakkan kotoran hidung dan lendir di dalamnya. Dengan demikian, Anda bisa membersihkan hidung dari kotoran yang menyumbat.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Sering Melihat Berita Hoax di Medsos ? Begini Cara Melaporkannya

Sering Melihat Berita Hoax di Medsos ? Begini Cara Melaporkannya

Jakarrta – Berita palsu memang kerap beredar di internet. Nah, hal tersebut pun menjadi pemberitaan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis