Home > Ragam Berita > Nasional > Kapolri Antisipasi Faktor Pendemo Yang Sengaja Lakukan Aksi Provokatif

Kapolri Antisipasi Faktor Pendemo Yang Sengaja Lakukan Aksi Provokatif

Jakarta – Jendral Polisi Tito Karnavian terilhat mengunjungi Markas Komando Korps Brimob untuk menyaksikan simulasi penanganan teror dan menjadi pimpinan apel pagi di depan 1.500 personel Brimob. Dalam sambutannya, Kapolri meminta agar anggota polisi tidak terpancing provokasi saat ada demonstrasi.

Kapolri Antisipasi Faktor Pendemo Yang Sengaja Lakukan Aksi Provokatif

“Kekacauan bisa terjadi karena beberapa faktor. Faktor pendemonya sengaja lakukan aksi provokotif. Saya minta rekan-rekan (polisi) enggak terpancing. Yang akan manfaatkan terjadi bentrok perlu kita waspadai. Teman harus menyikapinya dengan kepala dingin,” ujar Kapolri Tito Karnavian di atas podium ketika apel pagi di Mako Brimob, Jl. Akses UI, Depok, Jawa Barat (31/10/2016).

Tito menambahkan, dirinya juga mengimbau agar pasukan yang berdiri paling depan dan paling dekat dengan demonstran agar tidak membawa senjata.

“Instruksi saya untuk pasukan yang berhadapan dengan demonstran gak boleh bawa senjata apalagi peluru tajam, ada tim dipersiapkan khusus untuk terjadi kontigensi,” imbuhnya.

Tito juga mengatakan apabila aksi demonstrasi terkait pilkada adalah hal yang wajar di negara demokrasi. Untuk itu dia mengimbau agar setiap pasukan memperhatikan beberapa hal. Diantaranya persiapan fisik dan psikis, memperhatikan SOP dan yang terutama adalah kekerasan dengan peluru tajam harus dibatasi.

“Penggunaan kekerasan dengan peluru tajam harus dibatasi hanya perintah tertentu saja. Gak boleh main sendiri,” ungkapnya.

Baca juga: Bertemu Jokowi, Prabowo Mengatakan Siap Kapan Saja Dimintai Pendapat

Selain itu dirinya juga meminta agar kesatuan polri menjaga hubungan dengan TNI. “TNI satuan kawan kita. Rekan perlakukan TNI sebagai saudara, kerja bersama untuk pertahankan NKRI,” tegasnya. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Kapolri Minta Maaf ke KPK Soal Ahok. Ada Apa?

Kapolri Minta Maaf ke KPK Soal Ahok. Ada Apa?

Jakarta – Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta maaf secara langsung kepada Ketua KPK Agus Rahardjo ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis