Home > Ragam Berita > Nasional > Faktor Kesehatan, Status Tahanan Dahlan Iskan Diubah Jadi Tahanan Kota

Faktor Kesehatan, Status Tahanan Dahlan Iskan Diubah Jadi Tahanan Kota

Surabaya – Status tahanan mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan diubah menjadi tahanan kota oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kejati Jatim) setelah pihak keluarga mengajukan permohonan karena kondisi kesehatan Dahlan Iskan.

Faktor Kesehatan, Status Tahanan Dahlan Iskan Diubah Jadi Tahanan Kota

“Perlu saya klarifikasi penahanan Pak Dahlan Iskan bukan ditangguhkan, melainkan dialihkan menjadi tahanan kota,” ujar Anggota Tim Kuasa Hukum Dahlan Iskan, Imam Syafii, Senin (31/10/2016) malam.

“Pertimbangan keluarga mengajukan pengalihan karena kondisi kesehatan Pak Dahlan menurun. Beliau masih menjalani rawat jalan liver. Tadi pagi diperiksa, tensinya naik 160/90. Berdasarkan itu, pihak keluarga keluarga akhirnya mengajukan pengalihanan penahanan,” jelasnya.

Kepala Seksi Penyidikan Pidana Khusus Kejati Jatim Dandeni Herdiana membenarkan bahwa status tahanan dari Dahlan Iskan dialihkan menjadi tahanan kota karena pihak keluarga mengajukan permohonan terkait kondisi kesehatan Dahlan Iskan. Permohonan tersebut disertai surat keterangan dokter dan jaminan dari istri, anak, dan menantu.

“Selain itu, dalam surat juga dilampirkan rekam medik dari dokter terkait kondisi kesehatan tersangka,” ujar Dandeni.

Setelah status tahanan Dahlan Iskan dialihkan menjadi tahanan kota maka Dahlan dikenai wajib lapor setiap hari Senin dan Kamis setiap minggunya

“Tersangka wajib lapor Senin dan Kamis, hingga perkara ini masuk di persidangan,” tambah Dandeni.

Dandeni mengungkapan, permohonan pengalihan status tahanan diajukan oleh pihak keluarga pada Senin (31/10/2016) sekitar pukul 15.00 WIB, dan baru dikabulkan pada malam hari pukul 21.00 WIB.

“Permohonan baru dikabulkan sekitar pukul 21.00 WIB. Mengapa prosesnya lama, karena permohonan ini tidak hanya membutuhkan persetujuan Pak Kajati Jatim saja, tapi juga dari Kejagung,” jelas Dandeni.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

DPR Usulkan Sidang Itsbat Penetapan Awal Ramadhan Dihapus

DPR Usulkan Sidang Itsbat Penetapan Awal Ramadhan Dihapus

Jakarta – DPR mengingingkan agar sidang itsbat penetapan awal puasa Ramadhan dan lebaran Hari Raya ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis