Home > Ragam Berita > Nasional > Agus Martowardojo Tidak Banyak Berikan Jawaban saat Diperiksa KPK

Agus Martowardojo Tidak Banyak Berikan Jawaban saat Diperiksa KPK

Jakarta – Agus Martowardojo adalah mant‎an Menteri Keuangan (Menkeu). Pihaknya harus melakoni pemeriksaan yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pemeriksaan tersebut terkait dengan kasus dugaan korupsi proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP). Namun, statusnya kini baru sebatas saksi.

Agus Martowardojo Tidak Banyak Berikan Jawaban saat Diperiksa KPK

Namun, Gubernur Bank Indonesia (BI) itu enggan membeberkan lebih banyak terkait pemeriksaannya hari ini oleh penyidik lembaga antirasuah.‎ Agus baru akan angkat bicara setelah selesai diperiksa.

“Nanti saya kalau sudah keluar, saya ketemu sama anda ya. Oke? Oke makasih ya,” ujar Agus di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (1/11/2016).

Sebelumnya, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Biro Humas KPK, Yuyuk Andriati menjelaskan, bahwa hari ini, Agus Martowardojo memang dijadwalkan ulang oleh penyidik terkait proses pengadaan e-KTP tahun anggaran 2011-2012 yang berujung korupsi.

“Ini kan diperiksa dalam kapasitas sebagai mantan Menkeu, akan ditanya soal anggaran, kemudian mekanisme dan prosedur anggaran mengenai proyek e-KTP ini. Kemudian, bagaimana pembahasan anggaran dengan Kemendagri,” jelas Yuyuk, Senin, 31 Oktober 2016.

Sebagaimana diketahui, KPK terus mendalami dugaan korupsi dalam proyek e-KTP ini. Baru dua orang yang ditetapkan sebagai tersangka, yakni mantan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Ditjen Dukcapil Kemendagri‎, Sugiharto dan mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri, Irman.

Baca juga: Berita Terkini : Jokowi Gandeng Ulama demi Kemajuan NKRI

Meski demikian, KPK hingga saat ini belum menahan Irman dan Sugiharto lantaran sakit yang dideritanya.‎ Kasus ini pun sudah bergulir selama dua tahun dan belum juga dilimpahkan ke pengadilan.

Kerugian negara dalam kasus ini mencapai Rp2 triliun. Hingga kini, KPK masih menelisik siapa saja yang diuntungkan dan mendapat keuntungan dari proyek pengadaan e-KTP ini. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Info Mudik 2017: Kendaraan di Pantura Jawa Barat Ramai Lancar di H-1

Info Mudik 2017: Kendaraan di Pantura Jawa Barat Ramai Lancar di H-1

Indramayu – Pada H-1 Lebaran, Sabtu (24/6/2017), volume kendaraan yang melintas di jalur Pantura Indramayu, ...