Home > Ragam Berita > Nasional > KPK Periksa Hamdan Zoelva Terkait dengan Kasus Pilkada Buton

KPK Periksa Hamdan Zoelva Terkait dengan Kasus Pilkada Buton

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali beraksi dalam pemberantasan kasus korupsi. Kini mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva diperiksa pada Rabu (2/11/2016). Dia diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap hakim dalam sengketea Pilkada Buton, Sulawesi Tenggara, 2011. Kasus tersebut pun diberitakan menyeret nama Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun.

KPK Periksa Hamdan Zoelva Terkait dengan Kasus Pilkada Buton

“Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SUS,” kata Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha saat dikonfirmasi.

Saat perkara Pilkada Buton tahun 2011 masuk MK, Hamdan diketahui merupakan anggota panel hakimnya, bersama Akil Mochtar dan Muhammad Alim. Hamdan sendiri telah memenuhi panggilan pemeriksaan tim penyidik.

Sayangnya, Hamdan memilih irit bicara. Dia hanya mengakui hadirannya untuk memenuhi pemeriksaan saksi terkait kasus dugaan suap tersebut.

“Saya ke sini untuk urusan lama saja. Iya soal itu (perkara dugaan suap Bupati Buton). Belum tahu (apa saja yang akan ditanya KPK), makanya kita ikuti saja apa yang akan ditanyakan,” ucap Hamdan.

Baca juga: Mantan Ketum PP Muhammadiyah Imbau Umat Muslim Memafkan Ahok

Selain Hamdan, penyidik juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap saksi-saksi lain. Mereka yang dijadwalkan diperiksa sebagai saksi kasus tersebut yakni mantan Hakim MK, Muhammad Alim; I Gede Chadrayasa selaku Kepala Cabang Bank Mandiri Prioritas; Andri Antoni selaku Kepala Cabang Bank Mandiri Pontianak Diponegoro; serta dua PNS bernama Dani dan La Uku.

Terkait dengan kasus tersebut, KPK telah memeriksa sejumlah saksi. Diantaranya Panitera MK, Kasianur Sidauruk, mantan Ketua MK Akil Mochtar dan advokat Arbab Paproeka.

x

Check Also

Melalui Kicauan Akun Twitternya, Penulis Buku Ini Hina Al Quran dan Nabi Muhammad SAW

Melalui Kicauan Akun Twitternya, Penulis Buku Ini Hina Al Quran dan Nabi Muhammad SAW

Jakarta – Salah satu akun Twitter bernama Apollinaris Darmawan telah menyebarkan kebencian dan permusuhan dengan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis