Home > Ragam Berita > Nasional > KH Ahmad Ishomuddin Sebut Kemungkinan ISIS Pengaruhi Demo 4 November

KH Ahmad Ishomuddin Sebut Kemungkinan ISIS Pengaruhi Demo 4 November

Jakarta – Aksi unjuk rasa yang dilakukaan oleh puluhan ribu umat Islam pada hari ini, Jumat (4/11/2016) guna mendesak polisi untuk menetapkan status tersangka kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama karena pria yang biasa dipanggil Ahok ini diangap telah menistakan agaa terkait peryataannya soal Surat Al Maidah 51 pada September lalu, juga menyita perhatian media asing.

KH Ahmad Ishomuddin Sebut Kemungkinan ISIS Pengaruhi Demo 4 NovemberKH Ahmad Ishomuddin Sebut Kemungkinan ISIS Pengaruhi Demo 4 November

Media asal Singapura Straits Times hari ini menuliskan artikel berjudul “Indonesian ISIS sympathisers expected at Anti-Ahok rally on Nov 4”.

“Ada kemungkinan pendukung lokal ISIS akan bergabung bersama kelompok garis keras dalam demo 4 November. Namun pertanyaannya, apakah mereka akan melakukan kekerasan, itu yang kita belum tahu,” tulis Straits Times, mengutip pernyataan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Menurut Tito, pendukung lokal ISIS tersebut adalah Jemaah Ansharut Tauhid (JAT) atau Jemaah Ansharut Daulah.
Sedangkan dua media Filipina, yaitu Coconut dan Rappler, menuliskan soal kekhawatiran terhadap penyusupan simpatisan ISIS pada aksi demo 4 November.

“Ada kemungkinan ISIS mencoba mempengaruhi demo 4 November yang dilakukan FPI. Tak hanya itu, mereka juga turut campur dalam pilkada DKI mendatang,” tulis Coconut, mengutip pernyataan dari Ketua Majelis Nahdlatul Ulama, KH Ahmad Ishomuddin.

Sementara itu, media Rappler mengutip pernyataan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu yang menegaskan bahwa jajaran keamanan di Indonesia sedang pasang mata siaga terhadap ISIS dan JAT.

Sedangkan media Australia, Sydney Morning Herald, mengutip pernyataan mantan anggota Jemaah Islamiyah (JI), Nasir Abbas, yang mengatakan bahwa JI dan ISIS kemungkinan besar akan menyusup di tengah demonstran.

“Indonesia on edge as jihadists urge violence at Jakarta rally against governor,”demikian tulis Sydney Morning Herald pada artikelnya yang terbit pada 2 November 2016.

Tidak mau ketinggalan, media Inggris The Guardian juga menuliskan pernyataan dari ahli teroris dari Institute for Policy Analysis of Conflict., Sidney Jones, yang mengatakan, “Wajar kalau ketakutan akan kekerasan terjadi pada demo 4 November, oleh sebab itu tentara dan polisi dikerahkan.”
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Plt Gubernur DKI Pastikan Tak Ada Dana APBD Untuk Beli Ornamen Natal

Plt Gubernur DKI Pastikan Tak Ada Dana APBD Untuk Beli Ornamen Natal

Jakarta – Sumarsono selaku Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta menegaskan apabila surat edaran terkait ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis