Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 5 Tanda Unik Saat Tubuh Mengalami Dehidrasi

5 Tanda Unik Saat Tubuh Mengalami Dehidrasi

Jakarta – Salah satu pertanda tubuh Anda mengalami dehidrasi adalah air kencing yang berwarna kuning pekat. Selain itu, dehidrasi juga sering membuat Anda kehausan dan mulut kering.

5 Tanda Unik Saat Tubuh Mengalami Dehidrasi

Tubuh membutuhkan air dan cairan lain untuk berfungsi secara normal. Jika Anda dehidrasi, beberapa proses dalam tubuh tidak bisa berfungsi normal,” kata Jennifer Wider, pakar kesehatan wanita.

Dehidrasi berat dapat mengakibatkan penyakit serius seperti stroke atau kelelahan, kejang dan dalam kasus yang ekstrim adalah kematian. Sayangnya, sebagian dari Anda tidak minum air putih sebanyak yang dianjurkan yakni 8-9 gelas per hari.

Selain merasa haus, mulut kering dan warna air kencing yang kuning pekat. Berikut tanda-tanda Anda mengalami dehidrasi seperti dilansir dari metrotvnews.com, Sabtu (5/11/2016):

1. Bau mulut
Ini mungkin terdengar aneh. Tapi, saliva atau air liur memiliki sifat antibakteri. Jika Anda dehidrasi, kadar air liur Anda turun dan begitu pula kemampuan mulut Anda untuk melawan kuman penyebab bau mulut. Jika tiba-tiba mulut Anda bau tanpa sebab, cobalah perbanyak minum air.

2. Merasa bingung
Merasa bingung bisa jadi pertanda beberapa hal. Tapi, jika Anda tidak banyak minum air hari ini, ini bisa jadi pertanda Anda mengalami dehidrasi. Ini biasanya tidak terjadi secara tiba-tiba, kecuali Anda berkeringat sangat banyak dalam sehari.

3. Tiba-tiba ngidam makanan
Hati Anda membutuhkan air untuk berfungsi baik. Ketika hati tidak mendapatkan asupan cairan, ini akan memberi sinyal ke otak Anda bahwa tubuh membutuhkan energi. Tak hanya merasa kehausan, dehidrasi juga bisa menyebabkan Anda kelaparan dan menginginkan makanan tertentu.

4. Kulit Anda tidak elastis
Dehidrasi menurunkan elastisitas pada kulit Anda. Ini berarti dehidrasi membuat kulit kering, sehingga tidak adanya kelembapan kulit yang cukup dapat membuat kulit Anda kehilangan elastisitas.

Baca juga: Ibu yang Baik Lakukan 5 Hal Ini untuk Melindungi Kesehatan Keluarga

5. Anda berhenti berkeringat
Tidak keringatan mungkin saja pertanda Anda sudah tidak lagi mengalami dehidrasi. Namun, menurut Medical Director Emergency Department di New Jersey, Anthony J. Brutico, kondisi tersebut bisa jadi pertanda Anda mengalami serangan panas atau heat stroke. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Bercinta Saat Weekend Mampu Menangkal Stres di Hari Senin

Bercinta Saat Weekend Mampu Menangkal Stres di Hari Senin

Jakarta – Untuk pasangan yang sudah jarang bercinta, tak ada salahnya melakukan hubungan seks dengan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis