Home > Ragam Berita > Nasional > Jokowi Imbau Polisi Lakukan Penyidikan Aktor Politik yang Tunggangi Demo 4 November

Jokowi Imbau Polisi Lakukan Penyidikan Aktor Politik yang Tunggangi Demo 4 November

Jakarta – Demo 4 November berakhir ricuh. Presiden Joko Widodo sangat yakin ada totoh politik yang sengaja menunggangi aksi tersebut. Karena itu, pihaknya meminta polisi melakukan penyelidikan.

Jokowi Imbau Polisi Lakukan Penyidikan Aktor Politik yang Tunggangi Demo 4 November

Kadivhumas Mabes Polri, Irjen Pol Boy Rafli Amar, mengaku demo informasi adanya aktor politik di balik kerusuhan demo 4 November, berasal dari Inteligen. “Bagian dari kegiatan deteksi dini inteligen yang dilaksanakan,” kata Boy di Mabes Polri pada Sabtu (5/11/2016).

Mengenai ada tidaknya aktor politik yang menunggangi demo tersebut hingga terjadi bentrok, pihaknya menyelidiki. “Semua bagian dicermati, diselidiki,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, demo 4 November yang berlangsung di depan Istana Merdeka awalnya berlangsung damai hingga sore hari. Massa menyampaikan aspirasi secara tertib bahkan sejumlah massa bertugas membawa kantong sampah, agar demo tidak meninggalkan “jejak” yang buruk.

Baca juga: Gatot Nurmantyo Curigai Adanya Kelompok yang Memancing Kericuhan

Menjelang magrib, sebagian besar massa sudah membubarkan diri. Namun masih ada yang bertahan di depan Istana Merdeka karena ingin menyampaikan aspirasi langsung kepada Presiden Joko Widodo. Namun presiden tidak bisa menemui massa, hingga bentrok antara polisi dan massa pecah sekira pukul 19.30 WIB.

Sebanyak 21 kendaraan dinas aparat jadi sasaran amuk massa, di mana tiga di antaranya dibakar. Sementara delapan aparat keamanan luka parah hingga harus menjalani rawat inap di rumah sakit. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Fadli Zon : "Saya Ramalkan Prabowo Akan Jadi Presiden 2019"

Fadli Zon : “Saya Ramalkan Prabowo Akan Jadi Presiden 2019”

Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, mengatakan bahwa hasil survei yang telah ...