Home > Ragam Berita > Nasional > SBY Juga Tercatat Absen Berada di Istana Saat Terjadi Beberapa Demo Besar

SBY Juga Tercatat Absen Berada di Istana Saat Terjadi Beberapa Demo Besar

Jakarta – Pada Rabu (2/11/2016) mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengadakan konferensi pers di kediamannya di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, guna membahas berbagai hal yang terjadi di Negara Indonesia, khususnya terhadap rencana demo besar-besaran 4 November.

SBY Juga Tercatat Absen Berada di Istana Saat Terjadi Beberapa Demo Besar

Dalam pernyataannya, SBY menegaskan bahwa dalam pemerintahannya dulu yang berlangsung selama 10 tahun juga tidak pernah sepi dari unjuk rasa, baik unjuk rasa dalam skala kecil hingga yang besar.

Saat itu, SBY mengaku tidak pernah alergi terhadap unjuk rasa dan selalu memerintahkan kepada stafnya untuk mencatat segala tuntutan yang muncul guna mengambil keputusan berikutnya.

“Pada unjuk rasa di depan istana saya selalu utus staf saya, tolong catat tuntutannya. Barangkali ada ada yang perlu kita jadikan masukan umpan balik dan pertimbangan untuk mengambil keputusan menetapkan kebijakan dan mengatasi masalah,” ujar SBY, Rabu.

“Saya tak alergi dengan unjuk rasa, saya buktikan dalam 10 tahun tak pernah sepi dalam aksi-aksi unjuk rasa,” kata dia.

“Pemerintahan kami tidak jatuh ekonomi masih tumbuh saya masih bisa bekerja,” imbuhnya.

Meskipun SBY mengaku tidak alergi terhadap untuk rasa, namun sejarah mencatat bahwa SBY tidak berada di tempat saat terjadi beberapa unjuk rasa besar ketika ia masih menjadi Presiden RI.

Pada 9 Desember 2009 misalnya, saat ada unjuk rasa memperingati Hari Antikorupsi Sedunia, SBY sedang tidak berada di Istana. Diberitakan, SBY sedang berada di Bali pada waktu untuk sebuah acara internal.

Lalu pada 28 Januari 2010, saat 100 hari pemerintahan SBY jilid II, SBY juga mengalami aksi demo yang menuntut ia mundur karena dinilai gagal. Saat itu SBY juga sedang tidak berada di Istana tapi di Banten dalam rangka meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Sedangkan pada 27 Maret 2012 saat ada demo penolakan harga BBM, SBY lagi-lagi tidak berada di Istana Kepresidenan, namun sedang melakukan lawatan ke beberapa negara seperti ke China, Hongkong, dan Korea Selatan.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Ahmad Dhani Diduga Makar, Farhat Abbas : "Dia Harus Tebus Segalanya"

Ahmad Dhani Diduga Makar, Farhat Abbas : “Dia Harus Tebus Segalanya”

Jakarta – Kini musisi senior, Ahmad Dhani tengah terseret dalam kasus dugaan telah melakukan perencanaan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis