Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 7 Rahasia Selalu Sehat dan Panjang Umur

7 Rahasia Selalu Sehat dan Panjang Umur

Jakarta – Siapa yang tidak mau mempunyai mur panjang dan sehat? Pastinya setiap manusia inginkan hidup sehat dan panjang umur. Tetapi, beberapa kebiasaan atau gaya hidup Anda memicu penyakit yang tak jarang bisa sewaktu-waktu merenggut nyawa Anda.

7 Rahasia Selalu Sehat dan Panjang Umur

Sedari usia 20 atau 30, Anda harus mulai mencoba untuk bergaya hidup sehat. Tak ada kata terlambat untuk memulai hidup sehat meski Anda mungkin sudah berusia 60 tahun sekalipun.

Terdapat beberapa kebiasaan yang sebaiknya segera Anda hentikan, dan mulai kebiasaan baru yang lebih baik untuk mendapatkan umur panjang dan tetap sehat. Berikut pembahasannya seperti dilansir dari metrotvnews.com, Minggu (6/11/2016):

1. Berhenti makan makanan olahan

Dalam 30 tahun terakhir, makanan olahan seakan menjadi favorit banyak orang. Memang makanan olahan lebih mudah didapat dan diproses serta dikonsumsi dibanding makanan sehat. Tetapi, makanan olahan memiliki kadar natrium, lemak jenuh, gula yang tinggi dan serat yang rendah. Ini bisa memicu penyakit kardiovaskular, hipertensi, kanker dan diabetes.

2. Berhenti merokok

Perokok pasti tahu bahaya merokok. Meski tahu bahaya merokok, sebagian besar dari mereka tak bisa berhenti dari kebiasaan tersebut. Beberapa penelitian memperkirakan merokok dapat mengurangi kehidupan Anda selama satu dekade. Saat Anda berhenti merokok, tekanan dan sirkulasi darah akan meningkat segera setelah berhenti merokok. Selain itu, risiko terkena kanker juga akan menurun setiap tahun setelahnya.

3. Mencoba olahraga

Mungkin Anda selalu beralasan tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga. Namun, sebuah studi yang diterbitkan di The Lancet, memeriksan kebiasaan aktivitas lebih dari 416 ribu orrang di Taiwan dan menemukan bahwa, hanya dengan melakukan olahraga selama 15 menit setiap hari, bisa membantu memperpanjang hidup selama tiga tahun. Rutin berolahraga dapat mengurangi masalah penyakit kardiovaskular dan kelebihan berat badan.

4. Kontrol emosi atau amarah

Hormon stres atau kortisol akan naik ketika Anda sedang stres atau marah. Ini memberikan efek negatif pada jantung, metabolisme, dan sistem kekebalan tubuh Anda. Kortisol yang tinggi telah dikaitkan dengan kematian yang lebih besar dalam sejumlah penelitian.

5. Bersosialisasi

Jangan biarkan diri Anda larut dalam kesendirian. Memiliki banyak teman dan lingkungan sosial yang baik dapat membuat Anda panjang umur. Karena, ini bisa membantu Anda mengelola stres dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Terbaik untuk Melawan Kulit Kering

6. Tidur cukup

Tidur terlalu sebentar atau kurang dari enam jam atau tidur terlalu lama dapat memicu risiko kematian. Kualitas tidur dan waktu yang cukup dapat membantu Anda untuk mengatasi stres, depresi dan penyakit jantung. Karenanya, cobalah untuk tidur yang cukup, sekitar 8-9 jam per hari.

7. Jangan stres

Seperti marah, stres juga bisa memicu banyak penyakit yang bisa mempersingkat hidup Anda. Mengurangi stres berarti Anda bisa meningkatkan kesehatan dan menghindari penyakit. Salah satu cara mengurangi stres adalah dengan meditasi atau belajar untuk bersantai di tengah rutinitas. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Rahasia Panjang Umur Orang Jepang

Inilah Rahasia Panjang Umur Orang Jepang

Jakarta – Kuliner khas Jepang iyakini sebagai makanan paling sehat. Ahli gizi asal London, Cassandra ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis