Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Hongkong Egg Tart, Kue Sederhana yang Sangat Populer

Hongkong Egg Tart, Kue Sederhana yang Sangat Populer

Jakarta – Hongkong egg tart yang sangat populer di Bali. Kue tersebut juga memiliki tekstur yang sangat lembut manis sehingga sangat nyaman ketika kami mencobanya. Kalau kami perhatikan Hong Kong Egg Tart ini crust-nya mendekati mini fruit tart yang sering aku temui, danfilling-nya pakai adonan custard dan telur.

Hongkong Egg Tart, Kue Sederhana yang Sangat Populer

Masakan ini sanga disukai dan diterima dengan baik oleh pengunjung lokal ataupun turis asing yang datang ke tempat yang menyediakan kue tart ini. Maka dari itu kami bagikan Resep Membuat Hongkong Egg Tart Sederhana ini yang dibuat agar memudahkan anda membuatnya.

Bahan-bahan:
• 300 gr tepung terigu protein sedang
• 150 gr mentega (aku pakai margarin serba guna blue band)
• 1 btr telur ukuran sedang, kocok lepas
• 1/4 sdt vanila, untuk campuran crust (aku pakai vanila bubuk)
• 240 ml air
• 120 gr gula pasir
• 3 btr telur ukuran sedang
• 100 ml susu evaporated (aku pakai full cream UHT plain)
• 1 sdt vanila, untuk campuran isi (aku pakai yang bubuk)

Baca juga: Resep Mozzarella Stick Variasi Kulit Pangsit, Jajanan yang Disukai Seluruh Golongan

Cara Membuat Kue Tart
1. Buat kulitnya;
Ayak tepung dan gula halus lalu masukkan butter dan remas remas ditepung sampai menjadi butiran dan masukkan telur bersama vanila, uleni sampai jadi adonan tercampur rata.
2. Oles cetakan pie dengan minyak / margarin dengan tipis, sisihkan.
3. Bulatkan adonan pie. Simpan sebentar di dalam kulkas sekitar 30 menit, sebelumnya cover adonan dengan menggunakan plastic wrap. Saat adonan akan dicetak, keluarkan dari kulkas. Aku membagi adonan dengan cara menimbangnya tiap 30 gr lalu dibulatkan seperti kelereng. Lapisi bagian atas dan bawahnya dengan plastic wrap. Letakkan piring di atasnya, lalu tekan hingga adonan menjadi gepeng dan kira-kira lebarnya mencukupi untuk meng-cover seluruh cetakan.
4. Pindahkan adonan ke cetakan hingga seluruh cetakan ter-cover dengan adonan. Rapihkan bagian atasnya dengan pisau. Lalu tusuk bagian tengahnya dengan garpu.
5. Siapkan filling; Siapkan air dan masukkan gula pasir masak diatas api sampai gula larut lalu tunggu biar dingin.
6. Kocok lepas ke 3 telur bersama vanila lalu tuang ke air sambil disaring (biar tidak berbusa) lalu masukkan susu, aduk lalu saring kembali.
7. Tuangkan filling ke dalam adonan crust hingga hampir penuh.
8. Panaskan oven, panggang dengan suhu 180 derajat celsius (aku pakai 150 derajat celcius aja). Panggang di rak bagian tengah selama lebih kurang 20 menit (aku memanggangnya sampai 50 menit) atau hingga adonan isi sudah set dan matang (kenali oven masing-masing, ya), hindari bagian tengah yang menggembung, jika ini terjadi coba rendahkan suhu oven atau buka sebentar oven.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Resep Dorayaki Homemade, Makanan Khas Jepang yang Sangat Enak

Resep Dorayaki Homemade, Makanan Khas Jepang yang Sangat Enak

Jakarta – Anda pasti sudah tak asing dengan nama kue asal Jepang yang satu ini. ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis