Home > Ragam Berita > Nasional > Pengamat Politik : Jokowi Harus Perkuat Komunikasi dengan Ormas

Pengamat Politik : Jokowi Harus Perkuat Komunikasi dengan Ormas

Jakarta – Selama memerintah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) selalu berkonsolidasi politik. Namun, pihaknya tampaknya lupa menjalin komunikasi dengan organisasi masyarakat (ormas). Hal tersebut diungkapkan pengamat komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing.

Jokowi Tekankan Polri Tidak Perlu Takut Kalah

“Komunikasi politik antara pemerintah dengan berbagai ormas masih terkesan terabaikan, padahal kekuatan politik real ada di masyarakat yang diwakili oleh kekuatan ormas, baik yang berbasis ideologis, keagamaan, profesi dan sebagainya,” kata Emrus pada Selasa (08/11/2016).

Menurutnya, bentrok antara pedemo dengan massa aksi 4 November tak lepas dari kurang baiknya komunikasi orang nomor satu itu dengan ormas di Indonesia.

“Menurut dia, peristiwa demonstrasi 4 November 2016 yang terjadi beberapa hari yang lalu, tidak lepas dari ruang komunikasi politik antara pemerintah dengan ormas belum berjalan maksimal,” tambahnya

Baca juga: Jokowi Tekankan Polri Tidak Perlu Takut Kalah

Emrus bahkan menyarankan agar Presiden Jokowi membentuk badan khusus yang berperan sebagai mediator antara pemerintah dengan ormas. “Pemerintahan Jokowi sejatinya membentuk suatu badan di bawah Presiden, yaitu badan komunikasi dan dialog kebangsaan yang bertugas melakukan diteksi dini permasalahan kebangsaan,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Mahfud MD Sebut Sejumlah Aktivis 98 Kini Jadi Koruptor, Siapa Saja?

Mahfud MD Sebut Sejumlah Aktivis 98 Kini Jadi Koruptor, Siapa Saja?

Jakarta – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD dalam tweetnya menyebutkan bahwa sejumlah aktivis 98 ...