Home > Ragam Berita > Nasional > Perusuh Demo 4/11 Terancam Hukuman 7 Tahun Penjara

Perusuh Demo 4/11 Terancam Hukuman 7 Tahun Penjara

Jakarta – Pihak kepolisian dari Polda Metro Jaya telah mengamankan lima orang anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang diduga menjadi provokator kerusuhan pada demo 4/11. Kelima orang ini ditangkap pada hari Senin (7/11/2016) dan telah dijadikan tersangka.

Perusuh Demo 4/11 Terancam Hukuman 7 Tahun Penjara

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono, kelimanya dijerat dengan Pasal 214 Jo 212 KUHP tentang bersama-sama melakukan ancaman dan kekerasan kepada pejabat yang melakukan tugas.

“Kami sangkakan pasal 214 Jo 212 KUHP, terkait dengan bersama-sama atau dilakukan ancaman kekerasan kepada pejabat yang melakukan tugas. Yang bersangkutan melakukan kekerasan kepada pejabat yang sedang melaksanakan tugas secara bersama-sama dengan ancaman pidana selama 7 tahun,” kata Awi di Mapolda Metro Jaya, Selasa, (8/11/2016).

Awi juga menambahkan, kelima anggota HMI ini ditangkap berdasarkan barang bukti berupa foto dan video yang dimiliki penyidik.

“Yang bersangkutan kami kontruksikan melakukan penyerangan dengan beberapa alat, bambu, batu dan lainnya untuk menyerang petugas kami yang ada di lapangan. Semua sama, melakukan penyerangan terhadap anggota kami yang di lapangan,” katanya.

Selain itu, polisi juga menemukan barang bukti berupa bambu yang telah diruncingkan dan anak panah di lokasi aksi unjuk rasa.

“Memang masih ada pekerjaan rumah terkait dengan temuan anak panah, bola kelereng sebagai mata peluru ketapel kemudian ujung-ujung pagar, termasuk blok batu-batu. Ini kan harus dikontruksikan siapa yang melakukan itu, makanya kami bergantung pada dengan barang bukti yang ada di video-video yang kami punya,” ujar Awi.

Kelima anggota HMI yang telah ditetapkan sebagai tersangka itu adalah:

1. Ismail Ibrahim, kelahiran Ujung Pandang, mahasiswa di salah satu universitas di Jakarta. Alamat sekretariat HMI, Jalan Sultan Agung, Manggarai, Jakarta Selatan.
2. Amijaya Halim, kelahiran Ujung Pandang, 4 Juli 1985. Alamat di sekretariat HMI, Jalan Sultan Agung No 25 A, Manggarai, Jakarta Selatan. Mahasiswa di salah satu universitas di Jakarta.
3. Ramadhan Reubun, asalnya Maluku Tenggara. Alamat Utan Kayu, Matraman, Jakarta Timur. Salah satu mahasiswa di Jakarta.
4. Muhammad Rizal Berkat, mahasiswa di salah satu universitas di Jakarta. Alamat Pademangan Barat.
5. Rahmat Muni alias Mato, mahasiswa salah satu universitas di Jakarta.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Habiburokhman Curigai Ada Upaya Bebaskan Ahok Ditingkat Banding dan Kasasi

Habiburokhman Curigai Ada Upaya Bebaskan Ahok Ditingkat Banding dan Kasasi

Jakarta – Pihak Advokat Cintah Tanah Air (ACTA) menilai ada kejanggalan besar dalam penanganan kasus ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis