Home > Ragam Berita > Nasional > Mendaki Rinjani secara Ilegal, Pemuda dari Malaysia Ini Tewas

Mendaki Rinjani secara Ilegal, Pemuda dari Malaysia Ini Tewas

Mataram – Mendaki adalah sebuah hobi yang menyenangkang. Namun, jangan sampai aktivitas tersebut berbuah bencana. Hal tersebut sama dengan yang dialami Ng Yin Teck (24). Pemuda asal Malaysia tersebut meinggal di tempat pemandian Aik Kalak (pemandian air panas) pada Rabu (9/11/2016). Yang membuat miris, dia mendaki Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), secara ilegal.

Mendaki Rinjani secara Ilegal, Pemuda dari Malaysia Ini Tewas

“Kami dapat informasi dari masyarakat, sekarang korban dalam proses evakuasi,” kata Kepala Resort Senaru, Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Gusti Ketut Suarta, ketika dihubungi dari Mataram.

BTNGR sudah menutup seluruh jalur pendakian Gunung Rinjani berdasarkan rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) setelah meletusnya Gunung Rinjani (Anak Gunung Rinjani) pada September 2016.

“Jalur pendakian sudah ditutup, jadi tidak boleh ada aktivitas pendakian tanpa izin resmi,” ujar Gusti.

Gusti Ketut Suarta menambahkan, pihaknya bersama masyarakat Desa Senaru, Kabupaten Lombok Utara, sudah naik ke lokasi Aik Kalak untuk melakukan proses evakuasi jenazah korban.

“Korban sekarang dalam proses evakuasi. Kami juga sudah laporkan hal ini ke Kepala BTNGR di Mataram,” ujarnya.

Baca juga: Hujan Deras Disertai Angin di Klaten Akibatkan Beberapa Pohon Tumbang

Humas Kantor SAR Mataram Putu Cakra Ningrat, juga mengaku sudah mendapatkan informasi adanya pendaki asing yang meninggal dunia di atas Gunung Rinjani.

“Tapi belum ada laporan secara resmi dan permintaan bantuan untuk proses evakuasi. Kami masih koordinasi dulu dengan pihak-pihak terkait di Senaru,” katanya.

x

Check Also

Dedi Mulyadi Minta Maaf Atas Fotonya Sentuh Paha Siswi Berhijab

Dedi Mulyadi Minta Maaf Atas Fotonya Sentuh Paha Siswi Berhijab

Purwakarta – Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menjadi sasaran kecaman netizen. Berawal dari peringatannya ke siswi ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis