Home > Gaya Hidup > Tips > Inilah Akibat Fatal Tato pada Tubuh

Inilah Akibat Fatal Tato pada Tubuh

Jakarta – Tato saat ini sudah marak di berbagai belahan dunia dan dikenal sebagai seni melukis dalam tubuh manusia. Tato pun disebut oleh para ahli fashion sebagai salah satu jenis kosmetik yang dapat dipakai oleh pria atau pun wanita.

Inilah Akibat Fatal Tato pada Tubuh

Namun, apakah tato itu berbahaya? Jelas. Akan tetapi terkadang orang hanya akan memikirkan bahayanya dalam jangka pendek yang berakibat pada adanya alergi, infeksi, dan efek kecil lainnya. Tidak semua orang memikirkan efek jangka panjangnya.

Seorang analis bernama Dr. Andreas Luch dari German Federal Institute for Risk Assessment di Berlin Jerman mengungkapkan bahwa bakteri yang terkandung didalam tinta tersebut tidak menjamin aman.

Menurut Luch, ada sebuah penelitian yang dilakukan pada mayat seseorang yang dulunya memiliki tato. Tidak disebutkan berapa lama dia meninggal, yang jelas dalam tubuh mayat tersebut tatonya telah 90 persen menghilang. Para ilmuwan bahkan tidak mengetahui apa yang terjadi pada tinta tato itu sehingga bisa menghilang. Padahal, mayat tersebut telah memiliki tato selama puluhan tahun semasa hidupnya.

Saat ini, tinta modern mengandung pigmen organik, tapi juga memiliki unsur pengawet dan kontaminan seperti nikel, arsenik dan timah.

Padahal dalam perundang-undangan, pemakaian pengawet jelas dilarang. Sementara pada tinta tato, telah ditemukan setidaknya 14 persen kandungan pengawet.

Tinta tersebut disuntikkan ke jaringan kulit dan masuk ke aliran darah. Orang yang memiliki tato tidak boleh melakukan donor darah. Bahkan ketika dia dinyatakan sehat total.

”Peraturan tentang tato yang berdasarkan kosmetik bahkan tidak cukup untuk kasus ini,” kata Luch sebagaimana diberitakan Huffingtonpost pada Selasa (7/11/2016).

Maka para penggunaan tato sudah bisa dipastikan akan mengakibatkan kanker kulit, atau bisa juga hepatitis. Apabila pembuat tato menggunakan jarum bekas, dan juga apabila sebelumnya digunakan untuk para penderita HIV/AIDS, besar kemungkinan juga akan menular. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Sering Melihat Berita Hoax di Medsos ? Begini Cara Melaporkannya

Sering Melihat Berita Hoax di Medsos ? Begini Cara Melaporkannya

Jakarrta – Berita palsu memang kerap beredar di internet. Nah, hal tersebut pun menjadi pemberitaan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis