Home > Ragam Berita > Nasional > Gus Mus Sindir Banyak Orang di MUI Yang Mengaku Sebagai Ulama

Gus Mus Sindir Banyak Orang di MUI Yang Mengaku Sebagai Ulama

Jakarta – KH. Mustofa Bisri (Gus Mus) selaku mantan Rois Syuriah Nahdhlatul Ulama (NU) melontarkan kritik tajam pada Majelis Ulama Indonesia (MUI). Gus Mus mempertanyakan status MUI yang hingga kini dianggapnya semakin tidak jelas.

Gus Mus Sindir Banyak Orang di MUI Yang Mengaku Sebagai Ulama

Gus Mus berpendapat jika status MUI selama ini tidak jelas dan membingungkan, apakah termasuk organisasi masyarakat, partai politik, atau Institusi Pemerintah.

Walau menyandang status yang tidak jelas, kata Gus Mus, MUI mendapat anggaran dari pemerintah dan negara.

“MUI ini sudah lama tidak jelas. Parpol, Ormas atau Lembaga Pemerintah. Tapi kok ya dapat APBN,” ujar Gus Mus saat ditemui awak media di kediamannya di Rembang, Jawa Tengah, Jumat (11/11/2016).

Gus Mus mengatakan, tidak semua orang yang ada di MUI itu ulama, tapi banyak dari mereka yang menyebut dirinya ulama. Sehingga, menurut Gus Mus, banyak umat Islam yang menganggap MUI sebagai penentu fatwa yang wajib diikuti.

“Asal jadi pengurus MUI terus kok disebut Ulama. Juru tulis atau juru ketik seakan Ulama, terus mudah mengeluarkan fatwa dan lucunya banyak umat Islam yang mengikuti. Halal dan Haram mudah dikeluarkannya,” sindir Pengasuh Pondok Pesantren Roudhotul Tholibin Rembang tersebut.

Di tengah kondisi bangsa dan negara yang saat ini rentan diterpa oleh isu suku, agama, ras, dan antargolongan, Gus Mus berharap orang-orang di dalam MUI mau mengkoreksi diri dan merevolusi mental internal kelembagaan.

Baca juga: Gus Mus : “Ilmu Agama Islam Buya Syafii Lebih Tinggi Dari Mereka Yang di MUI”

“Jangan mengatakan seseorang atau manusia bukanlah manusia padahal dirinya sendiri belum atau bahkan bukan manusia. Rakyat jelata disuruh jadi manusia, tapi mereka jadi harimau, serigala, waduh,” ujar Gus Mus. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Prabowo dan Jokowi Segera Bertemu Membahas Pilpres 2019

Prabowo dan Jokowi Segera Bertemu Membahas Pilpres 2019

Jakarta – Prabowo Subianto, selalu Ketua Umum Partai Gerindra beserta Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang ...