Home > Ragam Berita > Nasional > Inilah Alasan Presiden Tidak Akan Intervensi Dalam Kasus Ahok

Inilah Alasan Presiden Tidak Akan Intervensi Dalam Kasus Ahok

Jakarta – Presiden Joko Widodo menjelaskan alasannya tidak ingin mengintervensi proses hukum kasus dugaan penistaan agama oleh Gubernur DKI non aktif Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama.

Inilah Alasan Presiden Tidak Akan Intervensi Dalam Kasus Ahok

“Saya tidak akan intervensi terhadap proses hukum itu, (karena) begitu intervensi setiap hal akan lari ke saya,” kata Presiden Jokowi di Jakarta Timur pada Minggu (13/11/2016).

Presiden mengaku betul-betul menjaga itu dan tidak ingin sedikit pun mencampuri proses hukum yang sedang berjalan dan menegaskan bahwa proses hukum bahkan untuk kasus apa pun memerlukan waktu sehingga ia meminta masyarakat untuk bersabar.

“Saya betul-betul menjaga itu dan proses hukum masih berjalan, jadi sabar,” kata Jokowi.

Dia juga mengomentari demonstrasi 4 November 2016 yang sangat dimengertinya sebagai aksi dengan niat yang baik, tetapi dia mengingatkan proses yang sedang berlangsung sudah masuk wilayah hukum bahkan sebelum demonstrasi dilakukan, proses hukum sudah berlangsung.

Baca juga: Hujan Deras Seharian, Stasiun Bandung Tergenang Banjir

“Sebelum demo sudah masuk proses hukum, saksi sudah dimintai keterangan,” tambahnya.

Selain itu, kata dia, sistem kenegaraan Indonesia juga menjamin penyampaian aspirasi, pendapat, dan menghargai kemajemukan serta kebhinekaan. “Saya sebagai Presiden, Kepala Negara, ingin agar persatuan, kebersamaan betul-betul dijaga, prinsip dan nilai Pancasila harus tetap utuh,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Mahfud MD Berikan Komentar Terhadap UU Pemilu

Mahfud MD Berikan Komentar Terhadap UU Pemilu

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menandatangani Undang-Undang Nomor 7 tentang Pemilu pada 16 ...