Home > Ragam Berita > Internasional > Berita Internasional : AS-Rusia Kembali Menjalin Hubungan

Berita Internasional : AS-Rusia Kembali Menjalin Hubungan

Moskow – Presiden Rusia Vladimir Putin dan presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump berbincang melalui telepon pada Senin malam (14/11/2016). Keduanya sepakat mengenai perlunya normalisasi hubungan antara Washington dan Moskow menurut pernyataan Kremlin.

Berita Internasional : AS-Rusia Kembali Menjalin Hubungan

Tim transisi kepresidenan di Washington menyatakan Putin menelepon Trump untuk mengucapkan selamat atas kemenangannya dalam pemilihan presiden bersejarah.

Kremlin menyatakan Putin dan Trump mencatat kondisi yang sangat tidak memuaskan dalam hubungan Rusia dan AS saat ini. Selain itu, keduanya menyatakan perlunya upaya aktif bersama untuk menormalkan kembali.

Putin berharap Trump berhasil mewujudkan janji-janjinya selama kampanye dan menyatakan kesiapannya. “Kami akan melakukan dialog kemitraan dengan pemerintah baru AS berdasar kesetaraan, saling hormat dan tanpa intervensi dalam urusan dalam negeri masing-masing” tambah otoritas Kremlin.

“Mereka sepakat mengenai perlunya upaya bersama dalam memerangi musuh nomor satu dunia: terorisme dan ekstremisme internasional,” otoritas Kremlin sebagaimana diberitakan AFP pada Selasa (15/11/2016), menambahkan bahwa mereka juga membahas isu seputar konflik Suriah.

Sementara itu, Trump mengatakan kepada Putin bahwa ia mengharapkan hubungan yang kuat dan abadi dengan pemerintah Rusia dan rakyat negara tersebut menurut pernyataan Washington.

“Rusia siap dan ingin memulihkan hubungan dengan AS” kata Putin. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Netizen Tanggapi Unggahan Video Sandiaga Uno Soal Sisi Lain Kondisi Yerusalem

Netizen Tanggapi Unggahan Video Sandiaga Uno Soal Sisi Lain Kondisi Yerusalem

Jakarta – Kebijakan sepihak yang telah diputuskan oleh Donald Trump selaku Presiden Amerika Serikat atas ...