Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Kerap Bersendawa, Ketahuilah Beberapa Penyebabnya

Kerap Bersendawa, Ketahuilah Beberapa Penyebabnya

Jakarta – Anda tentu telah bersendawa. Hal itu terkadang membuat lega, terkadang pun memalukan. Nah, ketika kerap bersendawa, Anda tampaknya memiliki masalah kesehatan.

Kerap Bersendawa, Ketahuilah Beberapa Penyebabnya

Menurut Paul Berggreen MD, ahli pencernaan dan pendiri Arizona Digestive Health mengatakan, gas usus dan intoleransi terhadap makanan bisa menjadi alasan seringnya bersendawa.

Sebagaimana diberitakan Womenshealthmag pada Selasa (15/11/2016), ada deretan alasan yang mendasari seseorang sering bersendawa.

Makan terlalu cepat
Bila Anda cenderung terburu-buru menelan makanan di pagi hari, di makan hari, dan juga pada saat makan malam, jangan heran bila menemui diri Anda bersendawa. Sendawa terjadi karena seseorang banyak menelan udara. Ada baiknya menikmati makanan dengan santai dan tidak menelan makanan dengan terburu-buru.

Sinusistis kambuh
Saat sinusitis kambuh dan hidung terasa lebih pengap, otomatis penderita sinusitis biasanya bernapas melalui mulut. Hal ini akan berefek pada seringnya bersendawa karena banyak udara yang masuk ke dalam tubuh.

Minum soda
Pernah menenggak sekaleng soda atau minuman berkarbonasi? Udara langsung masuk ke perut dan membuat Anda bersendawa. Bersendawa adalah cara tubuh mengeluarkan kelimpahan gas dalam perut.

Refluks
Jika Anda bersendawa disertai dengan rasa mual atau mulas, inilah salah satu gejala refluks asam. Saat bersendawa, biasanya ditandai dengan adanya cairan atau makanan yang bergerak naik ke kerongkongan saat bersendawa.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Ciri-Ciri Seseorang Terinfeksi Cacing Pita

Inilah Ciri-Ciri Seseorang Terinfeksi Cacing Pita

Jakarta – Cacing pita memang sangat berbahaya bila berada di dalam tubuh manusia. Cacing tersebut ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis