Home > Ragam Berita > Nasional > Pengamat Menyebut Harus Ada Upaya Untuk Melawan Aktor Politik dan Lebaran Kuda

Pengamat Menyebut Harus Ada Upaya Untuk Melawan Aktor Politik dan Lebaran Kuda

Jakarta – Boni Hargens selaku Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) mengaku khawatirkan terhadap ancaman atas kebhinnekaan dalam pilkada saat ini. Menurutnya, harus ada upaya untuk melawan aktor-aktor politik yang ingin merusak kebhinnekaan.

Pengamat Menyebut Harus Ada Upaya Untuk Melawan Aktor Politik dan Lebaran Kuda

Boni menyampaikan hal tersebut dalam acara diskusi bertema Membaca Tanda Sejarah, Menjaga Indonesia Bhinneka yang digelar dalam rangka deklarasi Front Pembela Indonesia (FPI) Bhinneka di Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (16/11/2016).

“Aktor politik ini entah berpikir apa. Aksi 4/11 (aksi demonstrasi 4 November, red) sampai lebaran kuda ini antitesis dari membangun ke-Indonesia-an,” ujarnya.

Istilah lebaran kuda yang dimaksudkan Boni adalah pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada saat jumpa pers menyikapi rencana aksi 4/11 pada awal November lalu. Presiden RI Keenam itu menegaskan bahwa unjuk rasa akan terus ada hingga lebaran kuda sepanjang tuntutan pedemo tidak dipenuhi.

Boni menambahkan, kebhinnekaan sudah menjadi roh bagi Indonesia. Menurutnya, kebhinnekaan justru membawa maslahat bagi Indonesia.

Oleh karenanya, sambung anggota Dewan Pengawas LKBN Antara itu, segala upaya yang mengancam kebhinnekaan Indonesia harus dilawan. Alasannya, agar Indonesia tidak terseret ke perpecahan.

“Kalau kita komit dengan ke-Indonesia-an, kita harus bersatu melawan ancaman. Jangan kembali pada kehancuran,” pungkas Boni.

Sedangkan Koordinator FPI Bhinneka Abi Rekso mengatakan, menjadi mayoritas bukan berarti harus memaksakan kehendak. Sebab, katanya, semua pihak harus taat pada konstitusi.

Baca juga: Wiranto Tegaskan Pemerintah Tidak Mengintervensi Kebijakan Penegak Hukum

“Kita punya konstitusi, jadi mari kita hormati. Rumah Indonesia yang menghormati keragaman harus kita pertahankan,” katanya. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Demi Bisa Main Dengan PSK, Pria di Probolinggo Embat Kotak Amal Masjid

Demi Bisa Main Dengan PSK, Pria di Probolinggo Embat Kotak Amal Masjid

Probolinggo – Seorang pria yang bernama Ashari (33) nekat mencuri kotak amal masjid lantaran ketagihan ...