Home > Ragam Berita > Nasional > Tari Kuda Lumping Hingga Reog Ramaikan Parade Bhinneka Tunggal Ika

Tari Kuda Lumping Hingga Reog Ramaikan Parade Bhinneka Tunggal Ika

Jakarta – Parade Bhinneka Tunggal Ika diselenggarakan untuk mengingatkan tentang keberagaman di negara ini mencuri perhatian dunia. Tidak hanya ramai menjadi sorotan Tanah Air. Media-media asing pun turut serta memberitakan acara tersebut.

Tari Kuda Lumping Hingga Reog Ramaikan Parade Bhinneka Tunggal Ika

Lewat artikel berjudul ‘Thousands of Indonesians rally against racial, religious intolerance’, kantor berita asal Inggris, Reuters, memberitakannya pada Dunia.

“Mengenakan kaos merah dan putih, warna bendera Indonesia, tokoh agama, anggota kelompok hak asasi manusia, anggota parlemen dan yang lainnya berbaris di sepanjang jalan Jakarta Pusat,” tulis Reuters, Sabtu (19/11/2016).

Lewat rtikel berjudul sama, Channel News Asia mengulas bahwa ribuan massa menggelar aksi damai pada hari Sabtu demi meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia.

Channel News Asia juga menulis bahwa aksi damai itu digagas karena kekhawatiran dengan tanda-tanda tumbuh intoleransi rasial dan agama di negara mayoritas Muslim terbesar di dunia.

Bukan hanya dari Jakarta, para peserta aksi damai itu berasal dari berbagai daerah, mulai dari Bandung, Blitar, Rembang, Semarang, dan berbagai daerah lain.

Baik orang tua dan anak-anak peserta aksi terlihat berdandan untuk memeriahkan parade. Sejumlah ondel-ondel pun terlihat dirangkai umbul-umbul dan rambutnya.

Di pawai itu, akan ditampilkan tarian dari berbagai daerah di Nusantara. Juga, beragam atraksi kebudayaan dari penjuru negeri seperti barongsai dan pencak silat.

Baca juga: Prajurit TNI Kini Siap Berjihad Mempertahankan NKRI dan Pancasila

Salah satu tujuan acara tersebut adalah untuk mengingatkan kepada masyarakat luas tentang pentingnya menjaga ideologi Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai pemersatu bangsa. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Ridwan Kamil Desak Pihak Yang Bubarkan KKR Natal di Bandung Untuk Minta Maaf

Ridwan Kamil Desak Pihak Yang Bubarkan KKR Natal di Bandung Untuk Minta Maaf

Jakarta – Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, menyesali kejadian pembubaran Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) Natal ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis