Jakarta – Terkadang timbulnya benjolan di area payudara dinilai merupakan awal terjadinya gejala kanker. Namun, tak semua benjolan menjadi faktor utama terjadinya kanker. Para peneliti menemukan, sekitar satu dari enam kasus kanker payudara berasal dari gejala perubahan puting.

Perubahan Pada Puting Payudara Bisa Mengindikasikan Kanker

Menurut peneliti dari University College London, Inggris, wanita dituntut untuk menyadari tanda-tanda perubahan pada puting. Hal tersebut agar para wanita segera mendapatkan penanganan medis yang tepat. Para peneliti memeriksa gejala dari 2.300 wanita yang baru didiagnosis kanker payudara.

Menurut laporan hasil studi peneliti pada konferensi National Cancer Research Institute di Liverpool, mereka menemukan Perubahan pada puting payudara serta pembengkakan pada ketiak atau infeksi pada jaringan payudara. Apabila puting payudara mengalami perubahan, seperti ruam, perdarahan atau terdapat luka pada kulit payudara, Anda harus cepat segera berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga : Inilah Kandungan dalam Pelembab Bibir yang Perlu Anda Waspadai

“Penelitian ini menunjukkan, bagi wanita yang mengalami perubahan puting, jangan menunda pergi ke dokter. Mereka mungkin saja terkena gejala kanker payudara,” kata Dr Karen Kennedy, Direktur National Cancer Research Institute, yang dikutip dari BBC News, Rabu (9/11/2016).

(bimbim – www.harianindo.com)