Home > Ragam Berita > Nasional > Kapolri Imbau Kasus Ahok Tidak Dikaitkan dengan Isu SARA

Kapolri Imbau Kasus Ahok Tidak Dikaitkan dengan Isu SARA

Jakarta – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan bahwa kasus Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok merupakan kasus hukum, dan tidak melibatkan isu suku, agama dan ras. Pernyataan itu disampaikan Tito setelah menemui Majelis Ulama Indonesia di Menteng, Jakarta Pusat

Kapolri Imbau Kasus Ahok Tidak Dikaitkan dengan Isu SARA

“Kebetulan saja yang bersangkutan memiliki latar belakang dan etnis yang spesifik. Tapi ini jangan dibawa ke masalah Sara, apalagi dibawa ke isu kemajemukan, pluralisme, perpecahan dan lain-lain. Jangan!”, kata Tito pada Sabtu (19/11/2016).

“Persoalan hukum, kita kembalikan ke masalah hukum. Karena penodaan agama bisa dilakukan juga oleh orang yang satu agama. Kebetulan saja ini (dilakukan oleh orang yang) berbeda agama,” tambah Tito.

“Masyarakat jangan sampai terbawa arus, terprovokasi -yang di Indonesia bagian timur, bagian barat- kita ikuti saja proses hukumnya. Jangan terbawa emosi ke masalah-masalah perbedaan suku, agama, ras dan lain-lain,” katanya.

Ketua MUI KH Ma’ruf Amin mengatakan bahwa dalam pernyataan pendapat keagamaan majelis ulama, kasus Ahok tidak ada kaitannya dengan agama dan etnis Ahok.

“Seperti ditegaskan Kapolri, itu adalah masalah hukum semata-mata,” kata Ma’ruf.

Baca juga: Dapat Dukungan dari FPI, Inilah Respons Agus

Tito juga menjelaskan bahwa kepolisian telah melakukan proses hukum yang sangat serius atas kasus Ahok. Bahkan Kapolri memberikan jaminan untuk itu hingga ke Kejaksaan.

“Sudah 69 saksi (diperiksa) yang dilakukan kurang dari satu bulan. Menurut ukuran kepolisian, itu termasuk sangat cepat,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harainindo.com)

x

Check Also

Inilah Alasan Anas Urbaningrum Batal Jadi Saksi Sidang E-KTP

Inilah Alasan Anas Urbaningrum Batal Jadi Saksi Sidang E-KTP

Jakarta – Beralasan sakit, mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaninggrum batal menjadi saksi sidang ...