Home > Ragam Berita > Nasional > Ridwan Kamil Tegaskan Pungli Tidak Akan Habis

Ridwan Kamil Tegaskan Pungli Tidak Akan Habis

Bandung – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bakal mengambil keputusan. Hal tersebut terkait Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli). Putusan tersebut oun sudah berdasar instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Harapannya, tim tersebut dapat bekerja efektif.

Ridwan Kamil Tegaskan Pungli Tidak Akan Habis

“Mudah-mudahan setelah tim ini bergerak bisa membuat kualitas pelayanan di Kota Bandung bebas pungli,” kata Emil di Pendopo Kota Bandung, Senin (21/11/2016).

Tim Saber Pungli sendiri di dalamnya akan terdapat berbagai unsur, mulai Pemerintah Kota Bandung, kepolisian, Badan Intelijen Negara (BIN), hingga Ombudsman.

Emil menerangkan, Pemkot Bandung sebetulnya sudah punya laman pengaduan yaitu www.lapor.go.id. Melalui laman itu, masyarakat bisa mengadukan berbagai hal, salah satunya soal adanya pungli di instansi pemerintah.

Dari berbagai laporan, termasuk adanya pungli, Pemkot Bandung bisa langsung bergerak dan melakukan penindakan terhadap pelaku pungli. Emil pun mengklaim sudah berjalan baik dan membuat praktik pungli berkurang drastis.

“Kalau saya boleh klaim, sudah menurun. Tapi, kan oknum mah aya wae (selalu ada),” ujarnya.

Emil berharap dengan adanya Tim Saber Pungli di wilayah Pemkot Bandung tak ada lagi pelayanan publik yang terdapat pungli. Keterbatasan dalam laman lapor diharapkan bisa tertangani oleh Tim Saber Pungli karena mereka punya kebijakan lebih besar.

“Namanya sistem kan ada minoritas. Itulah yang akan Tim Saber Pungli ini berantas. Ini lebih spesifik, mereka bisa langsung OTT karena di dalamnya ada kepolisian,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ryamizard Kerja Sama dengan Malaysia dan Filipina Dalam Patroli Militer

Ryamizard : Semua Menhan di Asia Tenggara Telah Perangi ISIS

Jakarta – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu telah mengadakan pertemuan dengan sejumlah menteri Pertahanan Asia Tenggara ...