Home > Ragam Berita > Nasional > Kejati DIY Telah Putuskan Tersangka Dalam Kasus Korupsi Pengadaan Lahan di Gunung Kidul

Kejati DIY Telah Putuskan Tersangka Dalam Kasus Korupsi Pengadaan Lahan di Gunung Kidul

Yogyakarta – Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) DIY WR kini berstatus sebagai tersangka. Penetapan tersebut merupakan putusan dari Kejaksaan Tinggi DIY. Sebagaimana diketahui, WR terlibat kasus dugaan korupsi pengadaan lahan untuk posko Basarnas di Gunungkidul.

Kejati DIY Telah Putuskan Tersangka Dalam Kasus Korupsi Pengadaan Lahan di Gunung Kidul

Kepala Kejati DIY Tony T. Spontana menyampaikan penetapan tersanka WR dikeluarkan Pada 15 November 2016. Setelah sebelumnya pihaknya menetapkan seorang pengusaha asal Gunungkidul berinisial DA.

Dari pengembangan ditemukan tersangka lain yakni WR. “Sudah dikeluarkan surat ketetapan tersangka atas nama WR yang merupakan Kepala Kantor SAR,” kata TOny kepada wartawan di Kejati DIY Senin (21/11/2016).

Dijelaskannya, akibat kasus ini negara mengalami kerugian sebesar Rp5,8 miliar. Meski sudah ada dua tersangka, pihaknya terus melakukan penyelidikan. “Mengenai Kerugian negara, ini bisa dikatakan total lose ya, Rp5,8 miliar. Sampai saat ini sudah ada dua tersangka,” bebernya.

Baca juga: Ridwan Kamil Tegaskan Pungli Tidak Akan Habis

Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati DIY Azwar menambahkan, penetapan tersangka WR sudah melalui penyelidikan panjang dan menemukan sejumlah fakta dari bukti di lapangan dan saksi.

Adapun beberapa fakta pendukung diantaranya terkesan Kepala Basarnas DIY selaku inisiator adanya pembayaran, meski belum lengkap syaratnya. Padahal, pembayaran tanah kepada DA dilakukan setelah persyaratan jual beli lengkap. “Kepala Basarnas juga menerima uang sekitar Rp 160 juta dari tersangka DA,” jelasnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ryamizard Kerja Sama dengan Malaysia dan Filipina Dalam Patroli Militer

Ryamizard : Semua Menhan di Asia Tenggara Telah Perangi ISIS

Jakarta – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu telah mengadakan pertemuan dengan sejumlah menteri Pertahanan Asia Tenggara ...