Home > Ragam Berita > Nasional > KPK Lakukan Penyelidikan Serius Terkait Puluhan Proyek Mangkrak Di Jaman SBY

KPK Lakukan Penyelidikan Serius Terkait Puluhan Proyek Mangkrak Di Jaman SBY

Jakarta – Dikabarkan bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan kembali menyelidiki kasus proyek pembangkit listrik yang mangkrak atau terhenti pengerjaannya. Namun, Ketua KPK, Agus Rahardjo mengungkapkan saat ini pihaknya masih belum masuk tahap penyidikan.

KPK Lakukan Penyelidikan Serius Terkait Puluhan Proyek Mangkrak Di Jaman SBY

“Belum, belum, nanti kita segera tentukan,” kata Agus di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Menurut Agus, laporan kasus mangkraknya proyek pembangkit listrik yang berpotensi merugikan keuangan negara telah diterima oleh pihaknya. Proyek pembangkit listrik tersebut diakuinya merupakan proyek-proyek yang lama terbengkalai. Agus menyebutkan laporan mengenai proyek pembangkit listrik mangkrak itu bukan dari laporan pemerintah.

“Kami sudah mendapat laporannya, sudah dicocokkan dengan data yang kita punya, mudah-mudahan nanti kita bekerja sama dengan BPKP dan BPK untuk segera menelusuri itu,” katanya.

Pada (4/11/2016), Sekretaris Kabinet, Pramono Anung mengatakan berdasar laporan BPKP mengungkapkan adanya sejumlah proyek pembangkit listrik sejak 2006 hingga 2010 yang tidak terselesaikan. Dalam proyek itu juga sudah ada pembayaran sebesar Rp4,94 triliun dan proyek itu belum selesai hingga kini.

“Sampai hari ini ada 34 proyek, dengan daya 7.000 MW tidak terselesaikan,” katanya.

Baca Juga : Ketua PPP Bawa Map Hijau Saat Diundang Jokowi Ke Istana

“Dari 34 proyek tersebut, ada 12 proyek yang sudah dipastikan tidak dapat dilanjutkan sehingga ada potensi kerugian negara dari nilai kontrak sebesar Rp3,76 triliun,” kata Pramono.

“Kemudian ada 22 proyek yang bisa dilanjutkan, tapi tentunya akan ada tambahan biaya baru sebesar Rp4,68 dan Rp7,25 triliun sehingga penambahan pembayarannya cukup besar,” kata dia.

(bimbim – harianindo.com)

x

Check Also

Blusukan ke Pasar Pramuka, Sandiaga Minta Pedagang Tidak Jual Obat Palsu

Blusukan ke Pasar Pramuka, Sandiaga Minta Pedagang Tidak Jual Obat Palsu

Jakarta – Calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta Sandiaga Uno kembali blusukan. Kini pihaknya berkunjung ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis