Home > Ragam Berita > Internasional > Enam Desa di Mosul Berhasil Dibebaskan dari Kekuasaan ISIS

Enam Desa di Mosul Berhasil Dibebaskan dari Kekuasaan ISIS

Mosul – Lebih dari sebulan ISIS belum juga bisa ditaklukkan. Serangan pasukan keamanan Irak pada Senin (21/11/2016) baru berhasil merebut kembali enam desa di tenggara dan utara kota Mosul. Sementara pasukan khusus melanjutkan pertempuran melawan ISIS untuk membersihkan daerah-daerah yang sebelumnya dibebaskan dari ISIS di bagian timur kota.

Enam Desa di Mosul Berhasil Dibebaskan dari Kekuasaan ISIS

Menurut pernyataan Komando Operasi Gabungan (Joint Operations Command/JOC), Tentara Divisi Lapis Baja ke-9 melanjutkan pergerakan menuju Mosul dan berhasil membebaskan desa al-Salamiyah, al-Hmeirah dan Twajnah al-Jadida, sekitar 20 kilometer di tenggara Mosul setelah bentrokan sporadis dengan militan ISIS.

Di utara Mosul, Divisi Lapis Baja ke-9 dan sekutunya dari unit paramiliter Sunni membebaskan desa al-Abbasiyah, Ortta-Kharab dan al-Salam setelah pertempuran sengit dengan militan ISIS. Kemenangan ini membuat pergerakan pasukan makin mendekati utara Mosul.

Baca juga: Rusia Kembali Lakukan Aktivitas Militer di Suriah

Sementara itu, Pasukan keamanan telah bertempur untuk mendesak masuk ke sisi timur kota, di tepi kiri Sungai Tigris, tapi menghadapi perlawanan militan, yang sering kali bertempur dalam kelompok-kelompok kecil yang menyusup di belakang pergerakan pasukan Counter Terorism Service (CTS) lewat terowongan-terowongan atau menyelinap melalui lusinan rumah dan bangunan.

Setelah lebih dari sebulan operasi militer melawan militan ISIS di dalam Mosul, hampir 65.000 warga sipil meninggalkan rumah mereka dan jumlahnya bertambah setiap hari menurut Kementerian Migrasi dan Pengungsi Irak. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Polisi Berhasil Menguak Identitas Penyerang Kampus Ohio

Polisi Berhasil Menguak Identitas Penyerang Kampus Ohio

Ohio – Beberapa waktu lalu, terjadi peristiwa penusukan di Ohio State University (OSU). Kini Polisi ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis