Home > Ragam Berita > Ekonomi > “Haji Lulung” Antarkan Pria Pengangguran Ini Raih Kesuksesan

“Haji Lulung” Antarkan Pria Pengangguran Ini Raih Kesuksesan

Jakarta – Seorang pengusaha muda bernama Rizki Auliadi (27) dengan pandainya mampu memanfaatkan momen saat media ramai memberitakan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Abraham Lunggana atau tenar dengan sebutan Haji Lulung.

"Haji Lulung" Antarkan Pria Pengangguran Ini Raih Kesuksesan

Bersamaan dengan ramainya aksi begal di jalanan, Rizki pun menciptakan gantungan kunci unik.

Bisnis gantungan kunci unik tersebut dikembangkan melalui perusahaan bernama Evriz Souvenir & Craft.

Sosok yang tidak sempat mencicipi bangku kuliah ini merupakan salah satu pelaku model bisnis sociopreneurship atau social entrepreneurship. Dia menggabungkan antara bisnis dengan kegiatan sosial.

Bagi Rizki, kegiatan membangun bisnis tidak hanya berorientasi pada keuntungan materi semata, namun bagaimana dia bisa membuat bisnis tersebut juga bermanfaat untuk membantu orang di lingkungan sekitarnya.

Hasil pantauan Harian Indo, Rabu (23/11/2016), kesuksesan yang diraihnya tidak didapatkan dengan mudah. Rizki yang berasal dari keluarga sederhana sempat menjadi pengangguran selama 1,5 tahun setelah lulus SMA. Berbagai cara dilakukan untuk bisa mendapatkan pekerjaan demi sesuap nasi dan kelangsungan hidup.

Tetapi hampir semua cara yang ia lakukan sia-sia, bahkan ia sempat mengalami depresi karena sempat ditolak dimana-mana. Sampai pada suatu hari, ia mendengar Sang Ibu melakukan sholat dan menyebut namanya di dalam doa.

“Saat ini saya benar-benar ingat Ibu saya mendoakan saya sambil menangis. Dari situ saya langsung memeluk Ibu dan berjanji akan membahagiakan Ibu dan keluarga saya,” ujarnya.

Dari situlah, Rizki langsung mencoba berbagai pekerjaan, mulai dari menjadi pemulung, pengamen, penjual pulsa eceran hingga kuli pikul. Namun semua pekerjaan tersebut tidak dapat mencukupi kebutuhan keluarganya.

Kemudian seorang saudara Rizki memberikan buku tentang kerajinan tangan berbahan clay dan dari situ, dia mulai berkreasi dan bereksperimen untuk membuat kerajinan tangan berbagai bentuk dari bahan clay hanya dengan bermodalkan hasil penjualan kasur bekas.

Baca juga: Data BPS : Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 5,02 Persen

Gabtungan kunci unik yang dibuatnya kemudian dijajakan di pinggir jalan dan ternyata mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat. Namun dia menyadari bahwa menjajakan barang di pinggir jalan bukanlah cara yang efektif untuk mempromosikan produknya. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Presiden Buruh Mengkritik Keras Penerapan Gardu Tol Otomatis

Presiden Buruh Mengkritik Keras Penerapan Gardu Tol Otomatis

Jakarta – Said Iqbal yang merupakan Presiden konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengatakan bahwa pemerintah ...