Home > Ragam Berita > Nasional > Ratu Rita Akil Kembali Dimintai Keterangan KPK

Ratu Rita Akil Kembali Dimintai Keterangan KPK

Jakarta – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil Ratu Rita Akil yang tak lain adalah istri dari Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar pada Rabu (23/11).

Ratu Rita Akil Kembali Dimintai Keterangan KPK

Rita dipanggil untuk diperiksa kembali sebagai saksi atas tersangka Bupati Buton non aktif Samsu Umar Abdul Samiun dalam kasus dugaan suap penanganan sengketa Pilkada Buton, Sulawesi Tenggara.

“Yang bersangkutan (Ratu Rita Akil) masih diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SUS (Samsu Umar Abdul Samiun),” kata Yuyuk Andriati pada Rabu (23/11/2016).

Selain Ratu Rita, KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap staff Hukum Bank Central Asia (BCA), Posma Paido Tua Sarumpaet. Sebelumnya, Posma juga sempat dihadirkan oleh Jaksa KPK untuk memberikan keterangan dalam sidang Akil Mochtar tahun 2014 silam di Pengadilan Tipikor.

Sebagaimana diketahui, dalam putusan persidangan di pengadilan Tipikor, Umar Samiun mengaku memang mentransfer uang Rp1 miliar ke rekening atas nama CV Ratu Samagat dengan keterangan Down Payment (DP) Batu Bara.

Transfer itu dilakukan atas desakan advokat Arbab Paproeka yang mengatasnamakan Akil Mochtar. Dalam pernyataannya, jika tidak diberikan maka kemenangan Umar Samiun akan dianulir oleh Akil.

Baca juga: Berita Terkini : Kabareskrim Targetkan Berkas Ahok Dilimpahkan ke Kejaksaan pada Jumat

Sementara itu, Akil Mochtar usai persidangan menyangkal keterangan Umar Samiun. Ia mengaku tidak pernah menerima uang yang dikirim oleh Umar Samiun. “Yang tidak singkronnya itu, ada orang mengatasnamakan saya meminta uang, tapi mereka tidak mengkonfirmasi kepada saya langsung,” kata Akil. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Di Hari Raya Idul Fitri Para Petinggi GNPF MUI Temui Presiden Jokowi

Di Hari Raya Idul Fitri Para Petinggi GNPF MUI Temui Presiden Jokowi

Jakarta – Pada perayaan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, Minggu (25/6/2017), Presiden ...