Home > Ragam Berita > Nasional > MUI Tentukan Sikap, Maruf Amin : Kami Tolak Makar

MUI Tentukan Sikap, Maruf Amin : Kami Tolak Makar

Jakarta – Seiring perkembangan isu demonstrasi 2 Desember yang ditunggangi oknum, MUI menyatakan komitmennya untuk mengakui pemerintahan yang sah dan menolak makar, demikian diungkapkan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Maruf Amin.

MUI Tentukan Sikap, Maruf Amin : Kami Tolak Makar

“Kami akan menentang, menolak dan tidak menolerir pergantian kekuasaan yang tidak konstitusional,” kata Maruf di Jakarta pada Rabu (23/11/2016).

Persoalan penolakan makar ini menurutnya merupakan hal penting karena dalam sistem pemerintahan di Indonesia sudah ada aturan dan ketentuan jelas sehingga pergantian kepemimpinan harus berlangsung sesuai regulasi. “Hal tersebut akan memicu kestabilan negara,” jelasnya.

Maruf juga mengatakan MUI akan terus meneguhkan nilai kebangsaan dan kebhinnekaan di Indonesia. “Bahwa NKRI adalah final dan kemajemukan adalah keniscayaan yang harus kita pertahankan,” katanya.

Dia mengatakan terdapat anggapan sebagian masyarakat bahwa MUI dianggap kurang nasionalis. Untuk itu, dalam forum Rakernas II akan digunakan sebagai kesempatan konsolidasi anggota MUI dari seluruh Indonesia terkait nasionalisme.

Peneguhan itu penting karena MUI sejatinya ada dengan bersinergi dengan negara, bukan saling bertentangan dan meniadakan. “MUI sebagai majelis bagi umat Islam memiliki tanggung jawab keagamaan, kenegaraan dan kebangsaan,” kata dia.

Baca juga: Kunjungi Ahok, Wanita Emas Akui Sangat Bangga dengan Kinerja Gubernur

Menurut dia, bukan mudah bagi MUI untuk berjuang membawa aspirasi umat sehingga tidak bertabrakan dengan tujuan kebangsaan dan umat, bahkan tidak jarang berbenturan dengan kebhinnekaan dan Pancasila.

“MUI hadir untuk melayani dan melindungi umat sebagai tanggung jawab MUI sebagai lembaga keumatan,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pengamat Politik Nilai Ahok Bakal Sulit Lolos dari Jeratan Hukum

Pengamat Politik Nilai Ahok Bakal Sulit Lolos dari Jeratan Hukum

Jakarta – Pengamat politik dari Universitas Indonesia Arbi Sanit menilai Basuki T. Purnama alias Ahok ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis