Home > Ragam Berita > Internasional > Kirim Misil ke Kepulauan Kuril, Hubungan Rusia-Jepang Memanas

Kirim Misil ke Kepulauan Kuril, Hubungan Rusia-Jepang Memanas

Tokyo – Hubungan Rusia dan Jepang kembali memanas. Hal tersebut terjadi lantaran otoritas Rusia mengirimkan misil anti-kapal Bastion dan Bal ke Kepulauan Kuril. Sebagaimana diketahui, kawasan tersebut hingga kini masih menjadi sengketa dengan Jepang.

Kirim Misil ke Kepulauan Kuril, Hubungan Rusia-Jepang Memanas

”Kementerian Pertahanan Rusia memiliki dasar untuk menyebar sistem misil tersebut. Tetapi, dalam pandangan kami, penyebaran tidak seharusnya mengganggu penyelesaian sengketa dalam hubungan bilateral kami dengan Jepang,” tutur juru bicara Kepresidenan Rusia Dmitry Peskov sebagaimana diberitakan Japan Today pada Kamis (24/11/2016).

Negosiasi untuk mencari solusi sengketa Kepulauan Kuril rencananya dilaksanakan pada Desember 2016 lewat pertemuan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Nagato. Kedua pihak sama-sama berharap ada kemajuan dalam sengketa yang telah berlangsung 70 tahun itu.

Sayangnya, laporan penyebaran misil itu membuat Jepang meradang. Menteri Luar Negeri Fumio Kishida mengatakan, pemerintah Tokyo butuh waktu untuk mempertimbangkan respons yang tepat terhadap penyebaran misil tersebut.

Bastion adalah sistem pertahanan yang dilengkapi dengan dua misil anti-kapal dengan jarak tembak mencapai lebih dari 300 kilometer (km). Sistem misil Bastion juga disebar di Semenanjung Krimea, yang dianeksasi Rusia dari Ukraina pada 2014. Sementara sistem misil Bal juga punya jarak tembak yang tidak jauh berbeda dengan Bastion.

Sengketa Kepulauan Kuril membuat hubungan bilateral Rusia dan Jepang naik turun sejak Perang Dunia II ketika tentara Uni Soviet (Rusia) mengokulasi empat pulau di selatan kepulauan. Sengketa tersebut menjadi penghalang Moskow dan Tokyo untuk menandatangani perjanjian damai formal untuk mengakhiri Perang Dunia II. (Tita Yanuantari – harianinido.com)

x

Check Also

Korut Kecam Negara-Negara yang Berikan Dukung kepada AS

Korut Kecam Negara-Negara yang Berikan Dukung kepada AS

Pyongyang – Korea Utara (Korut) mengeluarkan peringatan terhadap negara-negara di PBB pada Senin (16/10/2017), dalam ...