Home > Ragam Berita > Internasional > Dua Jurnalis Irak Ini Buron setelah Memalsukan Laporan WHO

Dua Jurnalis Irak Ini Buron setelah Memalsukan Laporan WHO

Baghdada – Pengadilan Baghdad mengeluarkan perintah penangkapan terhadap dua koresponden surat kabar Arab Saudi terkait laporan berita palsu yang menuduh jamaah haji Syiah melakukan pelecehan seksual kepada perempuan Irak.

Dua Jurnalis Irak Ini Buron setelah Memalsukan Laporan WHO

Laporan itu sempat menimbulkan kemarahan warga Irak sampai-sampai Perdana Menteri (PM) Haider al Abadi dan beberapa tokoh terkemuka lainny melayangkan kecaman secara terbuka.

Perintah penangkapan berdasarkan pasal undang-undang mengenai kejahatan kebencian (hate crime) itu dikeluarkan kepada dua jurnalis Irak untuk harian Asharq al-Awsat pada Rabu, 23 November.

Laporan yang diterbitkan harian yang berbasis di London itu mengutip juru bicara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang diwartakan mengatakan setelah musim haji tahun lalu 169 perempuan Irak menjadi hamil di luar nikah akibat pelecehan. WHO membantah telah mengeluarkan laporan seperti yang dicantumkan oleh kedua koresponden itu.

”Klaim bahwa informasi ini dirilis oleh pejabat komunikasi di markas pusat WHO benar-benar keliru,” demikian bantahan yang disampaikan badan PBB tersebut sebagaimana diberitakan Asharq al-Awsat pada Kamis (24/11/2016).

Sementara itu, dua jurnalis yang diidentifikasi sebagai Hamza Mustafa dan Maad Fayyad tersebut menyatakan mereka tidak bertanggung jawab atas artikel tersebut. Melalui akun Facebooknya, Hamza menyatakan pengunduran diri sebagai bentuk protes.

Maad mengatakan, dirinya tidak bersalah dalam pernyataan kepada kantor berita Prancis AFP. Keberadaan mereka sejak perintah penangkapan diterbitkan tidak diketahui. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Kolombia Dapat Laporan Pesawat yang Membawa Tim Brasil Chapecoense Hilang

Kolombia Dapat Laporan Pesawat yang Membawa Tim Brasil Chapecoense Hilang

Bogota – Sebuah pesawat kembali dilaporkan hilang. Pesawat tersebut membawa 81 orang. Perinciannya, 72 penumpang ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis