Home > Ragam Berita > Nasional > Berbeda Dengan Said Aqil, Gus Sholah Bolehkan Shalat Jumat Di Jalan

Berbeda Dengan Said Aqil, Gus Sholah Bolehkan Shalat Jumat Di Jalan

Jakarta – Baru-baru ini telah keluar sebuah fatwa yang terkait tentang larangan salat Jumat di jalan. Fatwa tersebut dikeluarkan oleh para petinggi Nadhlatul Ulama (NU). Namun, ulama NU lainnya, Sholahudin Wahid atau Gus Sholah justru memberikan pendapat yang berbeda dari fatwa tersebut.

Berbeda Dengan Said Aqil, Gus Sholah Bolehkan Shalat Jumat Di Jalan

Adik kandung Abdurrahman Wahid tersebut sempat mengatakan bahwa dalam Islam sendiri, tidak ada larangan sama sekali untuk menunaikan salat Jumat di jalan. Ia menyatakan bahwa salat Jumat di jalan boleh dilakukan. Apalagi jika masjid sudah terlalu penuh dan tidak sanggup menampung jamaah salat Jumat lagi.

“Kalau memang tidak bisa menampung jamaah, ya apa boleh buat,” kata Gus Sholah, di Surabaya, Kamis, 24 November 2016.

Menuru Gus Sholah, keinginan umat Islam dalam menggelar aksi unjuk rasa di Jakarta pada (2/12/2016) mendatang tidak perlu dilarang. Pasalnya, hal tersebut merupakan hak konstitusional setiap warga negara Indonesia. Ditambah lagi, apabila aksi tersebut dibarengi dengan kegiatan salat Jumat, maka hal tersebut merupakan hal yang dinilai biasa saja.

“Kalau menurut saya tidak perlu dihalangi keinginan mereka. Mau diapakan lagi kalau mereka mau unjuk rasa,” ujar Gus Sholah.

“Konteksnya ini kan orang berbondong-bondong ke Jakarta untuk ikut salat Jumat, jadi itu hak masing-masing individu,” ujar pesaing Said Aqil Siradj dalam Muktamar NU ke-33 di Jombang tersebut.

Sebelumnya, para pengurus Besar Nahdlatul Ulama sempat mengeluarkan fatwa terkait salat Jumat di jalan raya. Namun tidak dijelaskan secara detail apakah fatwa tersebut ada hubungannya terkait rencana aksi unjuk rasa sejumlah ormas Islam pada 25 November atau 2 Desember.

Baca Juga : Buni Yani Dijadikan Tersangka, Ini Komentar FPI

“NU sudah mengeluarkan fatwa bahwa Jumatan di jalan tidak sah,” kata Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siradj.

(bimbim – harianindo.com)

x

Check Also

Kapolri Minta Maaf ke KPK Soal Ahok. Ada Apa?

Kapolri Minta Maaf ke KPK Soal Ahok. Ada Apa?

Jakarta – Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta maaf secara langsung kepada Ketua KPK Agus Rahardjo ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis