Home > Ragam Berita > Internasional > Dua Warga Inggris Danai Serangan Teror di Brussels

Dua Warga Inggris Danai Serangan Teror di Brussels

London – Dua warga Birmingham, Inggris, Zakaria Boufassil dan Mohammed Ali Ahmed, terbukti mendanai serangan teror di Brussels, Belgia, yang menewaskan 32 orang pada Maret 2016 lalu.

Dua Warga Inggris Danai Serangan Teror di Brussels

Hal ini terungkap di depan persidangan di Kingston Crown Court, Inggris, Kamis (24/11/2016).

Menurut keterangan jaksa, Zakaria Boufassil dan Mohammed Ali Ahmed memberikan dana kepada Mohamed Abrini pada 1 Juni 2014 dan 16 April 2016 untuk kegiatan teror melalui pemilik rekening, Anwar Haddouchi.

Yang luar biasanya, Anwar Haddouchi ini adalah salah satu dari penerima tunjangan tetap dari pemerintah Inggris. Bahkan menurut Jaksa Birmingham, Max Hill QC, rekening Haddouchi masih menerima tunjangan meski telah pergi ke Suriah pada musim panas 2014 lalu.

Mohamed Abrini menerima dana sebesar 3.000 poundsterling atau Rp 50,7 juta dari Boufassil dan Ahmed untuk mendukung kegiatan teror yang ia lakukan.

Abrini sendiri dikenal sebagai pria bertopi yang terekam kamera CCTV saat berjalan bersama dua pelaku bom bunuh diri di Bandara Zaventem dan Stasiun Metro di Brussels, 22 Maret 2016 lalu.

Tidak hanya di Brussels, Abrini juga dicari oleh pihak keamanan Prancis karena ia terekam CCTV saat bersama Salah Abdeslam, salah satu pelaku teror Paris pada 13 November 2016 yang menewaskan 130 orang.

Meskipun Boufassil menolak tuduhan, namun Ahmed telah mengakui kesalahannya pada 8 November 2016 lalu.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Polisi Bakal Telusuri Aliran Dana Nikahsirri.com

Polisi Bakal Telusuri Aliran Dana Nikahsirri.com

Jakarta – Sebuah situs yang bernama nikahsirri.com diresmikan sejak tanggal 19 September 2017 lalu. Sebanyak ...