Home > Ragam Berita > Nasional > Kapolri : “Pembubaran Ormas Bisa Dilakukan Jika Bertentangan Dengan Pancasila”

Kapolri : “Pembubaran Ormas Bisa Dilakukan Jika Bertentangan Dengan Pancasila”

Jakarta – Sederet aksi yang dilakukan oleh beberapa organisasi masyarakat (ormas) Islam belakangan ini dianggap mampu mengancam kedaulatan NKRI. Sebut saja Front Pembela Islam (FPI) dan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), yang memantik keresahan masyarakat dan muncul desakan kepada Polri untuk membubarkan ormas tersebut.

Kapolri : "Pembubaran Ormas Bisa Dilakukan Jika Bertentangan Dengan Pancasila"

Menanggapi desakan tersebut, Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang menghadiri kongres XVII Muslimat Nahdlatul Ulama (NU), Jumat (25/11/2016), menjelaskan bahwa pembubaran suatu ormas tidak bisa dilakukan begitu saja.

“FPI ini ormas. Pembubaran bisa dilakukan jika bertentangan dengan Pancasila, kemudian aktif melakukan pelanggaran hukum,” ujar Tito saat menghadiri kongres Muslimat NU di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Tito mengakui bahwa pihaknya sudah banyak menerima laporan terkait aksi anarkis yang dilakukan FPI. Namun institusi Polri tidak dapat begitu saja langsung membubarkan FPI, karena belum memiliki landasan hukum. Meskipun dalam Pasal 107 b UU Nomor 27 tahun 1999 tentang Keamanan Negara hanya tertulis hukuman ancaman pidana selama 20 tahun penjara. Sehingga, untuk memberlakukan aturan itu perlu adanya legitimasi publik.


Baca juga:

Gus Nuril Menilai FPI Tidak Punya Itikad Baik Dalam Berbangsa dan Bernegara

Berbeda dengan FPI, pembubaran terhadap HTI belum bisa dilakukan lantaran sampai saat ini HTI belum pernah melakukan tindakan yang mengakibatkan kerusuhan sebagaimana diatur dalam Pasal 107 b UU Nomor 27 tahun 1999 tentang Keamanan Negara tersebut.

Oleh karenanya Tito menganggap perlu sikap tegas pemerintah untuk menertibkan ormas yang mengancam NKRI tersebut. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Dianggap Membangkang, Ahmad Dhani Didepak Dari Lesbumi NU

Dianggap Membangkang, Ahmad Dhani Didepak Dari Lesbumi NU

Jakarta – Baru-baru ini beredar kabar bahwa Musisi Ahmad Dhani telah dipecat dari jabatan sebagai ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis