Home > Ragam Berita > Nasional > Soal Ujian Nasional, Presiden Jokowi Akan Putuskan Pekan Ini

Soal Ujian Nasional, Presiden Jokowi Akan Putuskan Pekan Ini

Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan untuk menghapuskan ujian nasional (UN), namun keputusan ini masih hasrus dibicarakan dalam rapat kabinet terbatas untuk kemudian diumumkan kepada masyarakat.

Soal Ujian Nasional, Presiden Jokowi Akan Putuskan Pekan Ini

“Di tingkat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memang sudah diputuskan agar UN didesentralisasi,” kata Jokowi saat menghadiri puncak peringatan Hari Guru Nasional di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/11/2016).

“Nanti akan kami rapatkan dalam minggu ini dalam rapat terbatas, kemudian akan diputuskan,” kata Jokowi.

Sebelumnya saat berada di Makassar pada Sabtu (26/11/2016) kemarin, Jokowi mengungkapkan bahwa dirinya telah menerima laporan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy soal rencana penghapusan UN.

“Harus ada rapat terbatas yang nantinya kita putuskan kalau itu memang perlu untuk mengetahui standar-standar dari ujian, dari kualitas pendidikan kita. Kalau diperlukan, dilakukan,” kata Jokowi, Sabtu.

Seperti diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana akan menghapuskan sistem UN bagi sekolah tingkat SMP sederajat hingga SMA/SMK sederajat. Namun demikian, penghapusan UN ini hanya berlaku bagi sekolah-sekolah yang telah memiliki nilai integritas dan skor akademiknya di atas standar nasional.

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, UN dibuat bertujuan untuk melakukan pemetaan sekolah-sekolah secara nasional. Sedangkan saat ini, 30 persen sekolah telah memiliki nilai integritas dan skor akademik di atas standar nasional.

“Persoalannya adalah sudah ada 30 persen sekolah yang dari segi integritas maupun skor akademik kan sudah di atas rata-rata nasional. Lah kalau sudah begitu apakah dia harus ikut ujian nasional lagi? Ikut dipetakan lagi? Itu kan enggak perlu,” kata Muhadjir Effendy setelah bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Jumat (25/11/2016).
(samsul arifin – harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Orang-Orang Dekatnya Ditangkap Karena Tuduhan Makar, Ini Kata Prabowo

Orang-Orang Dekatnya Ditangkap Karena Tuduhan Makar, Ini Kata Prabowo

Jakarta – Menjelang aksi damai 2 Desember hari ini, polisi melakukan penangkapan terhadap 10 orang ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis