Tel Aviv – Sejumlah 22 orang dikabarkan telah ditangkap oleh otoritas keamanan Israel, setelah diduga menjadi penyebab kebakaran hutan di beberapa titik bagian tengah dan utara negeri zionis tersebut.

Israel Amankan 22 Orang Terduga Penyebab Kebakaran Hutan

Seperti dilansir dari Jerusalem Post, Senin (28/11/2016), seluruh terduga pelaku pembakaran hutan diketahui merupakan warga Palestina. Gilad Erdan selaku Menteri Keamanan Publik Israel mengungkap bahwa pihaknya menemukan kejanggalan dan unsur kesengajaan dalam kebakaran hutan yang melanda Israel.

Dugaan adanya kesengajaan tersebut diperkuat dengan ditemukannya barang bukti berupa bahan bakar bensin untuk menyulut api di wilayah Zikhron Yaaqov.

“Kesimpulannya, ini adalah pembakaran yang disengaja,” ungkap Erdan akhir pekan lalu.

Sebelumnya Perdana Menteri Israel Banjamin Netanyahu juga sempat berkoar akan menghukum teroris yang terlibat dalam aksi pembakaran hutan tersebut.

Baca juga:

Perkuat Militer, Israel Borong Pesawat Tempur dari AS

Trump Sebut Perhitungan Ulang Hanya Buang Waktu dan Uang

Kebakaran yang terjadi di wilayah tengah dan utara Israel terjadi sejak Selasa dan semakin parah pada Kamis lalu. Hal ini dipicu oleh cuaca kering dan angin timur yang kuat. Sementara ratusan warga di sejumlah kota seperti Haifa, Yerusalem dan Galilea telah dievakuasi dari lokasi kebakaran. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)