Home > Ragam Berita > Nasional > La Nyalla Mattalitti Dituntut 6 Tahun Penjara Dalam Kasus Dana Hibah

La Nyalla Mattalitti Dituntut 6 Tahun Penjara Dalam Kasus Dana Hibah

Jakarta – La Nyalla Mattalitti yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur dituntut enam tahun penjara oleh jaksa penuntut umum (JPU) dari Kejaksaan Tinggi Jawa Timur dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (30/11/2016).

La Nyalla Mattalitti Dituntut 6 Tahun Penjara Dalam Kasus Dana Hibah

Dalam pembacaan tuntutannya, JPU mengatakan bahwa La Nyalla Mattalitti terbukti sah dan meyakinkan melakukan korupsi secara bersama-sama.

“Menuntut supaya majelis hakim memutuskan menyatakan terdakwa La Nyalla Mattalitti terbukti sah dan meyakinkan melakukan korupsi secara bersama-sama,” ujar Jaksa Didik Farkhan.

Selain dituntut penjara selama enam tahun, La Nyalla juga dituntut membayar denda Rp 500 juta subsider enam bulan kurungan, dan membayar uang pengganti sebesar Rp 1,1 miliar.

Bila nantinya uang tersebut tidak dibayarkan setelah putusan berkekuatan hukum tetap, harta La Nyalla akan dilelang. Namun, jika tidak dibayar 1 bulan setelah hukum tetap, hartanya tidak mencukupi, diganti pidana penjara tiga tahun dan enam bulan.

Seperti diketahui, La Nyalla diduga telah menyalahgunakan wewenang saat menggunakan dana hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur tahun 2011 hingga 2014.

Pemprov Jawa Timur menganggarkan dana hibah dalam APBD tahun 2011-2014 dengan total 48 miliar. Namun oleh La Nyalla bersama dengan Wakil Ketua Kadin Jatim, Diar Kusuma Putra dan Nelson Sembiring dana tersebut dipakai tidak sesuai dengan peruntukannya.

Menurut audit dari BPKP, akibat perbuatan La Nyalla dan rekan-rekannya tersebut negara dirugikan hingga Rp 26.654.556.219.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Inilah Pesan Presiden Jokowi Kepada Ketua DPR Baru

Inilah Pesan Presiden Jokowi Kepada Ketua DPR Baru

Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) resmi memiliki ketua baru. Ketua Umum Partai Golkar Setya ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis