Home > Gaya Hidup > Tips > Sering Melihat Berita Hoax di Medsos ? Begini Cara Melaporkannya

Sering Melihat Berita Hoax di Medsos ? Begini Cara Melaporkannya

Jakarrta – Berita palsu memang kerap beredar di internet. Nah, hal tersebut pun menjadi pemberitaan di beberapa waktu ini. Nah, belum lama ini, tanah air diramaikan berita dugaan penistaan agama.

Sering Melihat Berita Hoax di Medsos ? Begini Cara Melaporkannya

Berita-berita palsu ini muncul utamanya di Facebook, Google, dan Twitter – yang masing-masing platform memiliki sistem tersendiri yang memungkinkan pengguna melaporkan berita palsu. Satu platform lebih bagus dibanding yang lain, sementara beberapa bahkan tak memiliki sistem itu.

Sebelum Anda melaporkan berita palsu itu, Anda harus terlebih dahulu bertanya pada diri Anda: apakah saya yakin berita ini palsu atau hoax? Apakah berita itu sudah dilaporkan juga oleh sumber berita yang lain? Apakah bukti-buktinya meyakinkan?

Jika Anda yakin, inilah bagaimana cara melaporkan berita palsu itu di media sosial. Kita ambil contoh sebuah unggahan tentang pemilu Amerika Serikat.

“Tim kampanye Hillary Clinton membayar ‘aktor profesional’ untuk melakukan protes dalam aksi unjuk rasa Trump,” begitu tulisnya. Tampak meyakinkan, apalagi jika diunggah oleh kerabat atau teman Anda

Jika Anda tidak yakin dengan berita ini, klik tanda panah ke bawah yang ada di sebelah kanan atas (terlihat di lingkaran merah) dan pilih “report post” atau jika Anda dalam pengaturan berbahasa Indonesia, Anda bisa pilih ‘laporkan kiriman’.

Setelah itu Anda akan ditanya, “Apa yang terjadi?” Di sini, Anda diminta memilih alasan mengapa Anda melaporkan unggahan itu. Jawaban terbaik, adalah yang kedua yaitu, “menurut saya ini tidak seharusnya ada di Facebook.” (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Beberapa Hal yang Bisa Bikin Rambut Rontok

Inilah Beberapa Hal yang Bisa Bikin Rambut Rontok

Jakarta – Kerontokan rambut merupakan momok bagi setiap mereka yang usianya sudah memasuki angka 40 ...