Home > Ragam Berita > Nasional > Soal Gerakan Makar, Ini Kata SBY

Soal Gerakan Makar, Ini Kata SBY

Jakarta – Mantan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menegaskan bahwa dirinya tidak setuju bila seorang Presiden yang telah diberi kepercayaan oleh rakyat untuk memimpin harus dijatuhkan di tengah jalan oleh pihak-pihak yang haus akan kekuasaan.

Soal Gerakan Makar, Ini Kata SBY

“Kalau kita paham konstitusi, seorang Presiden hanya bisa diberhentikan jika melanggar pasal pemakzulan (impeachment article). Memang ada pula pengalaman di banyak negara seorang penguasa jatuh oleh sebuah revolusi sosial atau people’s power. Contoh yang paling baru adalah kejatuhan sejumlah penguasa di Afrika Utara (Arab Spring),” tulis SBY di sebuah surat kabar nasional, Senin (28/11/2016).

Sedangkan revolusi sosial itu sendiri tidak bisa dengan mudah begitu saja muncul. Ia kemudian mencontohkan bagaimana dulu ia juga pernah ditekan ketika sedang menjadi presiden lewat “Gerakan Cabut Mandat SBY”.

“Saya tenang dan tidak panik. Saya tahu gerakan cabut mandat itu hanyalah keinginan sejumlah elite, bukan rakyat,” tulis SBY.

SBY menjelaskan, pada saat itu ia tidak sedang melanggar Undang-Undang dan merusak tatanan demokrasi. Ia juga tahu siapa saja tokoh-tokoh politik yang berada di balik gerakan tersebut.

“Gerakan yang namanya seram itu, ‘cabut mandat dan turunkan SBY’ akhirnya cepat berlalu,” katanya.

Karena itu. SBY berpesan agar mereka yang ingin berkuasa agar menempuhnya dengan jalur yang benar dam mengikuti etika berpolitik.

“Toh pada saatnya akan ada pemilihan Presiden. Sabar. Jangan nggege mongso,” tambahnya.
(samsul arifin – harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

BMKG Informasikan Terjadi 12 Gempa Susulan

BMKG Informasikan Terjadi 12 Gempa Susulan

Pidie Jaya – Aceh kembali dilanda gempa. Berdasar informasi, gempa tersebut berkekuatan 6,4 skala Ritcher ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis