Home > Ragam Berita > Nasional > Pengamat Hukum Berikan Alasan Kasus Ahok Harus Terus Dikawal

Pengamat Hukum Berikan Alasan Kasus Ahok Harus Terus Dikawal

Jakarta – Kasus dugaan penistaan agama yang menyeret Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok hingga kini masih diproses. Pengamat Hukum Pidana Chairul Huda pun mengimbau masyarakat terus mengawal kasus tersebut. Sebab, hal tersebut rawan disispi agenda politik.

Pengamat Hukum Berikan Alasan Kasus Ahok Harus Terus Dikawal

“Jaksa Agung itu punya hak untuk deponeering atau saponeering yang artinya ia bisa mengesampingkan suatu kasus, itu memang hak Jaksa Agung, itu yang harus dikawal,” jelas Chairul di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (1/12/2016).

Chairul menjelaskan bahwa kasus yang di-deponeering pernah terjadi pada mantan dua pentolan KPK, Abraham Samad dan Bambang Widjojanto yang telah menjadi tersangka. Keduanya langsung mendapat deponeering atau dikesampingkan kasusnya tanpa proses hukum lebih lanjut.

Baca juga: GNPF-MUI Tegaskan Proses Persiapan Aksi Damai Mencapai 90 Persen

“Di Undang-Undang cuma disebutkan Jaksa Agung punya kewenangan untuk deponeering demi kepentingan umum. Nah kepentingan seperti apa, kepentinga negara atau kepentingan masyarakat itu yang harus dikawal,” tandasnya.

Seperti diketahui, kejaksaan telah memastikan berkas perkara kasus Ahok P-21. Selanjutnya, polisi menyerahkan kasus tersebut ke korps Adhyaksa. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

FPI dan Ormas Lain Kecewa Makan Siang Bareng Anies Ditunda

FPI dan Ormas Lain Kecewa Makan Siang Bareng Anies Ditunda

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan rencananya hari ini akan menggelar acara makan bersama ...