Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Jangan Konsumsi Makanan Jenis Ini Saat Menggunakan Antibiotik

Jangan Konsumsi Makanan Jenis Ini Saat Menggunakan Antibiotik

Jakarta – Sebagian besar dari Anda mungkin telah mengetahui bahaya minum obat dengan minuman lain terutama susu. Namun, sebagian lagi belum mengetahui dengan pasti minuman apa yang harus dihindari selama mengonsumsi obat terutama antibiotik.

Jangan Konsumsi Makanan Jenis Ini Saat Menggunakan Antibiotik

Bukan hanya susu, berikut ulasan beberapa minuman lain yang juga harus Anda hindari selama mengonsumsi antibiotik seperti dilansir dari metrotvnews.com, Jumat (2/12/2016):

1. Alkohol
Alkohol memang tidak diketahui dapat mengganggu efektiviras antibiotik. Namun alkohol dapat menyebabkan efek samping yang tidak enak seperti pusing dan masalah pencernaan.

2. Makanan asam
Makanan yang bersifat asam alami seperti tomat, cokelat, lemon, jeruk bali dan minuman ringan dapat menghambat proses penyerapan antibiotik dan ini memperlambat pemulihan.

3. Makanan tinggi serat
Makanan yang berserat tinggi memang menyehatkan. Namun, makanan ini dikenal memperlambat penyerapan makanan dalam perut yang dapat menunda laju penyerapan antibiotik.

4. Zat besi dan suplemen kalsium
Zat besi dan kalsium dapat mengganggu penyerapan antibiotik. Sehingga, dianjurkan untuk memberi waktu setidaknya tiga jam untuk mengatur antara minum antibiotik dan suplemen.

Baca juga: Inilah 4 Manfaat Gemar Makanan Pedas Bagi Kesehatan Tubuh

5. Makanan berat
Makanan yang berat pada makanan perut dapat menghambat proses penyerapan obat seperti makanan mempengaruhi sistem pencernaan. Mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan dapat menjadi penghambat penyerapan antibiotik dan penyembuhan. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Lawan Penuaan Dengan Mengonsumsi Makanan Ini

Lawan Penuaan Dengan Mengonsumsi Makanan Ini

Jakarta – Proses penuaan secara umum akan dimulai ketika dirinya menginjak usia 30 tahun. Sistem ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis