Home > Ragam Berita > Nasional > Polisi Ungkap Ada Upaya Penggiringan Massa 212 Ke Gedung DPR Usai Jumatan

Polisi Ungkap Ada Upaya Penggiringan Massa 212 Ke Gedung DPR Usai Jumatan

Jakarta – Sebanyak 11 orang diamankan polisi pada Jumat (2/12/2016) dini hari. Kini, 8 Orang telah dibebaskan dan 3 tersangka lainnya masih ditahan oleh Polda Metro Jaya.

Polisi Ungkap Ada Upaya Penggiringan Massa 212 Ke Gedung DPR Usai Jumatan

Kepolisian menduga apabila para tersangka makar akan menggerakkan massa aksi Bela Islam III pada Jumat 2 Desember 2016 untuk digiring ke DPR.

“Yang jelas ini harus diantisipasi, karena kalau tidak, ini tidak menguntungkan massa aksi 2 Desember karena massa yang akan pulang setelah Jumatan akan digiring ke DPR,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Sabtu (3/12/2016).

Boy menambahkan, karena massa doa bersama yang dipusatkan di Monas begitu besar dan kemungkinan ada yang tidak puas bisa dimanfaatkan. Karena itu polisi tidak menunggu itu terjadi sehingga melakukan penangkapan kepada para tersangka.

11 Orang yang diciduk polisi pada Jumat (2/12/2016) dini hari adalah Kivlan Zein, Adityawarman, Ratna Sarumpaet, Firza Husein, Eko, Alvin, Rachmawati, Ahmad Dhani, Sri Bintang Pamungkas, Jamran dan Rizal terkait dugaan makar.

Polisi menetapkan tujuh orang terduga makar dan menjerat dengan pasal 107 juncto Pasal 110 KUHP. Ketujuh orang tersebut adalah Kivlan Zein, Adityawarman, Ratna Sarumpaet, Firza Husein, Eko, Alvin dan Rachmawati.

Tetapi ketujuh orang tersebut tidak ditahan dan sudah dipulangkan setelah menjalani pemeriksaan selama 1×24 jam karena alasan subjektif.

Sementara musisi dan calon Wakil Bupati Bekasi Ahmad Dhani yang juga sudah dipulangkan dijerat dengan pasal 207 KUHP.

Baca juga: Kapolri Minta Maaf ke KPK Soal Ahok. Ada Apa?

Sedangkan tiga orang di antaranya ditahan di Polda Metro Jaya yaitu Sri Bintang Pamungkas, Jamran dan Rizal yang dikenakan UU ITE. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Anies Enggan Tanggapi Isu Ahok Bakal Diangkat Jadi Mendagri

Anies Enggan Tanggapi Isu Ahok Bakal Diangkat Jadi Mendagri

Jakarta – Sebuah pesan singkat berantai berisikan informasi mengenai Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis