Home > Ragam Berita > Nasional > Pengamat Memprediksi Ahok Sulit Lepas Dari Jeratan Hukum

Pengamat Memprediksi Ahok Sulit Lepas Dari Jeratan Hukum

Jakarta – Arbi Sanit selaku pengamat politik Universitas Indonesia (UI) menilai apabila Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan sulit lolos dari jerat hukum.

Pengamat Memprediksi Ahok Sulit Lepas Dari Jeratan Hukum

Penyebabnya, tekanan publik agar tersangka kasus penistaan agama itu dinyatakan bersalah, sudah terlalu besar.

Unjuk rasa besar-besaran yang dilakukan pada 4 November dan 2 Desember lalu jelas memperlihatkan skala tekanan publik tersebut.

Tekanan sebesar itu, lanjut Arbi, pasti akan berpengaruh pada proses hukum.

“Dampaknya, dapat menimbulkan ketakutan bagi para penegak hukum, dan itu berdampak pada vonis yang dijatuhkan nantinya,” kata Arbi kepada wartawan, Sabtu (3/12/2016).

Arbi yakin massa pasti tak akan puas jika Ahok dijatuhi vonis bebas. Akibatnya, aksi-aksi serupa pun akan terus bermunculan sampai keinginan massa terpenuhi.

Situasi tersebut, lanjutnya, sangat mungkin membuat hakim yang mengadili kasus Ahok terpaksa mengikuti arus.

Bahkan apabila nantinya Ahok secara hukum terbukti tidak bersalah sekalipun.

Baca juga: Masyarakat Dilarang Gunakan Akun Sosmed Untuk Kegiatan Kampanye

“Jadi sebenarnya Ahok ini dikorbankan demi keamanan. Karena jumlahnya (massa) yang besar, menakutkan, menekan, dan memaksa,” pungkas dia. (Yayan – harianindo.com)

One comment

  1. Ketika membaca judulnya para pembaca pasti beranggapan Harianindo ini sudah berimbang dalam berita. Sangat disayangkan isi beritanya ternyata masih memihak ke kandidat itu itu juga. Buat Mas Yayan, wartawan Hariando, sekali-kali bersifat netrallah terhadap setiap kandidat. Pemberitaan yang positif juga diberlakukan buat Mas Agus atau Mas Sandiago Una. Jangan hanya si kandidat itu-itu.

x

Check Also

20 Ormas Dipastikan Ikut Aksi 287

20 Ormas Dipastikan Ikut Aksi 287

Jakarta – Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) bersama dengan sejumlah ormas rencananya ...