Home > Ragam Berita > Internasional > PBB Rilis Jumlah Korban Tentara Irak yang Bertempur Melawan ISIS

PBB Rilis Jumlah Korban Tentara Irak yang Bertempur Melawan ISIS

Mosul – PBB belum lama ini merilis jumlah korban tentara Irak yang meninggal saat berperang dengan ISIS. Berdasar catatan, ada 1.959 anggota pasukan keamanan Irak tewas di seluruh negeri sepanjang bulan November. Jumlah tersebut naik tiga kali lipat saat serangan besar-besaran untuk merebut kembali kota Mosul.

PBB Rilis Jumlah Korban Tentara Irak yang Bertempur Melawan ISIS

Sementara jumlah warga sipil yang tewas pada bulan November adalah 926 orang, dan 930 lainnya luka-luka. Perwakilan khusus PBB untuk Irak, Jan Kubis, mengatakan tingginya angka korban ini ‘mengejutkan.’

”Dalam keadaan putus asa untuk mempertahankan wilayah Mosul dan Nineveh yang dikuasainya, ISIS telah menggunakan taktik paling ganas, menggunakan rumah warga sipil sebagai posisi tempat menembak. Mereka juga menculik dan memaksa warga sipil pindah, dan menggunakan warga sebagai perisai hidup,” tambahnya.

Kubis mencatat bahwa dalam serangan ke kota Mosul selama enam minggu, pasukan keamanan Irak menyatakan bahwa mereka berupaya maksimal menghindari jatuhnya korban di pihak sipil.

Provinsi Baghdad, tempat para militan ISIS melakukan serangkaian pemboman bulan lalu, merupakan wilayah yang terkena dampak paling buruk, sebanyak 152 korban sipil tewas dan 581 lainnya luka-luka. Di provinsi Nineveh, tempat kota Mosul berada, sebanyak 332 orang tewas dan 114 orang lainnya luka-luka.

Belum ada rincian per wilayah terkait jumlah korban jatuh di pihak pasukan keamanan, yang meliputi tentara, polisi , para pejuang Kurdi Peshmerga, pasukan kementerian dalam negeri, dan para milisi. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pelaku Bom Bunuh Diri di Konser Ariana Grande Diidentifikasi Bernama Salman Abedi

Pelaku Bom Bunuh Diri di Konser Ariana Grande Diidentifikasi Bernama Salman Abedi

Manchester – Pihak kepolisian Inggris telah berhasil mengidentifikasi pelaku serangan bom bunuh diri yang terjadi ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis